Waikelo Sawah Nusa Tenggara Timur Pesona Air Terjun Di Mulut Goa

SAMSUNG CAMERA PICTURES
0 173

Waikelo Sawah adalah sumber air tawar dari sungai bawah tanah yang keluar melalui mulut gua. Gua tersebut dihiasi stalagtit yang indah. Pada bagian dalam gua di bagian atasnya  terdapat lubang yang terhubung ke luar bukit sehingga matahari dapat memasuki gua dan memberikan pantulan cahaya indah dalam gua. Air sungai mengalir menuju kolam kecil di mulut gua, yang kemudian mengalir menuju bendungan, dan membentuk air terjun setinggi 3 meter. air terjun ini dibangun sedemikian rupa untuk keperluan irigasi, mandi, dan keperluan warga sekitar.

Lokasi Air Terjun Waikelo Sawah

Pulau Sumba di Provinsi NTT layak untuk menjadi  salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah objek wisata waikelo sawah yang berjarak sekitar 9 KM dari Kota Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat. Tepatnya berada di Desa Tema TanaKecamatan Wewewa TimurKabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Iklim di Pulau Sumba memang unik. Kemarau panjang yang bisa mencapai 9 bulan membuat kondisi tanah di Sumba relatif kering dengan cuaca yang panas. Hal ini diperparah oleh struktur tanah Sumba yang mayoritas merupakan batuan kapur sehingga tak mampu menahan air dan membuat wilayah ini sering mengalami kesulitan air. Namun tidak demikian halnya di Waikelo Sawah. Wilayah ini sangat kaya dengan air tanah dan sungai yang mengairi sawah-sawah di sejumlah desa sekitarnya.

Keindahan Air Terjun

Pada musim kemarau, Waikelo Sawah sangat ramai oleh penduduk yang memanfaatkan limpahan air untuk mandi, mencuci pakaian, dan keperluan air. Debit air di Waikelo Sawah diperkirakan mencapai seribu liter per detik. Sekitar lokasi Waikelo Sawah memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam dan persawahan yang indah. Anda dapat melakukan kegiatan mandi dan berenang di lokasi ini.

Akses Menuju Air Terjun Waikelo Sawah

Untuk menjangkau tempat ini cukup mudah. Dari Bandara Denpasar langsung saja menuju ke Bandara Tambolaka. Selanjutnya Anda dapat menggunakan angkutan umum. Waikelo Sawah hanya berjarak sekitar 9 KM dari Kota Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat. Bagi Anda yang tertarik ke sana, sebaiknya datang pada bulan Februari atau November, karena pada saat itu penduduk desa adat Sumba sedang menyelenggarakan tradisi Pasola dan Wula Podu yang tak kalah menarik untuk disaksikan.

Source Waikelo Sawah Nusa Tenggara Timur Pesona Air Terjun Di Mulut Goa Waikelo Sawah Nusa Tenggara Timur Pesona Air Terjun Di Mulut Goa
Comments
Loading...