Wisata Religi Bukit Doa Tomohon Sulawesi Utara

0 185

Bukit Doa Tomohon

Bukit Doa Tomohon (Prayer Hill of Tomohon) dikenal juga dengan beberapa sebutan, yaitu : Bukit Doa MahawuBukit Kelong, dan Jalan Salib MahawuBukit Doa Tomohon merupakan salah satu obyek wisata alam sekaligus wisata religi di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Keindahan alam yang berpadu dengan sejuknya udara pegunungan Kota Tomohon, 

Akses Menuju Lokasi

Bukit Doa Tomohon berada di kaki Gunung Mahawu, tepatnya di jalan lingkar timur, desa Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulut. Untuk mencapai lokasi ini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit hingga 60 menit dari Kota Manado. Sebenarnya, Bukit Doa Tomohon tidaklah begitu jauh dari Kota Manado, akan tetapi dikarenakan jalan dari Kota Manado menuju Kota Tomohon yang menanjak dan berbelok-belok, ditambah ruas jalan yang tidak terlalu lebar, membuat Anda tidak bisa memacu kendaraan dengan cepat.

Jalan mendaki yang berkelok-kelok dipastikan akan menambah sensasi perjalanan Anda. Di beberapa titik anda bisa melihat panorama Kota Manado dengan latar belakang laut, dan di kejauhan tampak Manado TuaPulau Bunaken, dan Siladen

Bagi Anda yang memiliki budget mencukupi, ada baiknya Anda menggunakan (menyewa) kendaraan sendiri, sehingga bisa dengan leluasa mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Tomohon dan sekitarnya. Untuk ini, Anda dapat meminta bantuan pemandu wisata lokal di Manado.

Fasilitas Bukit Doa Tomohon

Amphiteater

Amphiteater berbentuk setengah lingkaran dan terlihat seperti Coloseum di Roma. Amphiteater ini biasa dijadikan lokasi pertunjukan seni dan budaya, dan bisa pula dijadikan altar untuk peribadatan. Selain itu, Amphiteater juga sering digunakan untuk lokasi fotografi landscape hingga foto pre-wedding.

Via Dolorosa

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata rohani, Anda bisa menyusuri lokasi yang dikenal dengan nama jalan salib mahawu. Sepanjang melewati lokasi ini, Anda bisa berhenti di 14 lokasi perhentian yang terdapat berbagai macam patung yang seolah-olah menceritakan kisah sengsara Tuhan Yesus. Melewati jalan salib ini, Anda seolah-olah dibawah hanyut mengenang tragedi penyalipan Tuhan Yesus ribuan tahun yang lalu – Sungguh sangat menyentuh hati siapapun jika berada di lokasi ini.

Daya Tarik

Pemandangan alam yang begitu indah, bersih, sejuk dan tertata dengan sangat rapi, menjadikan Bukit Doa Mahawu bak sebuah magnet yang menarik setiap orang untuk berkunjung ke tempat ini. Atas semua kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Jalan Salib Mahawu menjadi lokasi perhelatan berbagai macam kegiatan, mulai dari tempat wisata alam dan wisata religi umat Kristiani, lokasi outbond, lokasi gathering, tempat berlangsungnya pemberkatan nikah yang kudus, hingga menjadi tempat menggelar pesta pernikahan dengan nuansa pesta taman yang romantis.

Comments
Loading...