Air Terjun Coban Trisula Malang Jawa Timur

0 114

Air Terjun Coban Trisula Malang Jawa Timur

Air Terjun Coban Trisula merupakan air terjun yang berada di blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah III. Di namakan Trisula karena air terjun itu jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkat, yaitu Coban Atas (air terjun pertama dari curahan sungai/kali Lajing); dibawahnya berupa Coban Tengah (air terjun kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama, di bawahnya terdapat kolam), dan Coban Bawah (air terjun ketiga bersumber dari aliran Coban Tengah).

Air Terjun Coban Trisula memiliki ketinggian sekitar 11 m.  Sedangkan Coban Tengah tidak lah setinggi Coban Bawah hanya 2,5 m.  Di bawahnya terdapat tiga kolam penampungan air. Coban Atas merupakan air terjun utama dengan ketinggian sekitar 35 m.

Tarif Air Terjun Coban Trisula

Tarif  masuk obyek wisata ini adalah Rp 20.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Untuk pengunjung lokal tarifnya sebesar Rp 2.500. Khusus bagi pelajar, terdapat potongan harga sebesar 50 persen dengan menunjukkan tanda pengenal atau kartu pelajar yang masih berlaku.

Lokasi Air Terjun Coban Trisula

Terletak dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur.



Aksesbilitas Air Terjun Coban Trisula

Akses Air Terjun Coban Trisula berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Malang dan memakan waktu perjalanan 1,5 jam.  Selain dari kota Malang dapat juga di akses dari kota Pasuruan, Lumajang maupun Probolinggo. Arah perjalanan menuju Coban Trisula adalah sama dengan menuju Coban Pelangi. Sesampainya di pintu masuk Coban Pelangi perjalanan masih di teruskan ke atas kira – kira 1,5 km hingga tiba di pintu masuk Coban Trisula (letak pintu ini di sebelah kiri jalan bila dari berangkat dari kota Malang).

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Malang naik angkutan perkotaan jurusan Tumpang – Arjosari. Selanjutnya dari kecamatan Tumpang naik ojek karena tidak ada angkutan lain. Biaya ojek sebesar Rp. 14000 dan langsung di antarkan ke lokasi. Dari tempat parkiran mobil,  perjalanan menuju dasar coban ini dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 4 km. Selanjutnya ditambah lagi dengan track turun  sekitar 1 km. Kondisi jalan menuju ke sana cukup licin dan medan yang cukup sulit, sangat diperlukan ekstra kehati-hatian dalam berjalan, walaupun sudah dibangun tangga-tangga yang sudah disemen.
Source coban trisula Malang
Comments
Loading...