Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-bZC6IM.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta

0 168

Puncak Kosakora Gunung Kidul

Puncak Kosakora terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Menuju lokasi, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Jogja atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Lokasinya juga dapat di tempuh dari Pantai Drini dan Pantai Ngrumput.

Mencapai puncak, wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Jika memilih jalur dari Pantai Drini, wisatawan harus berjalan di pinggiran pantai melewati bebatuan karang yang cukup licin dan menantang. Wisatawan juga dapat menggunakan jalur melewati perbukitan, melalui jalur ini wisatawan harus melewati jalan setapak yang dikelilingi ladang-ladang warga serta rerumputan hijau. Dalam Perjalanan wisatawan akan d isuguhkan dengan pemandangan hijau di sekililing yang nampak asri. Di temani dengan sejuknya udara, akan membuat perjalanan terasa mengasyikkan. Perjalanan melelahkan tersebut akan segera terbayar ketika tiba di puncak yang dituju. Rasa lelah serasa sirna ketika melihat hamparan lautan luas, serta hembusan angin yang menerpa.

Sejarah Puncak Kosakora

Pemandangan alam yang di tawarkan di puncak bukit berketinggian 50 meter dari permukaan laut ini memang sayang untuk di lewatkan. Entah dari mana asal muasal dari penamaan Kosakora untuk puncak bukit ini, namun ketika wisatawan tiba di lokasi akan di temui sebuah tiang dengan bendera kebangsaan Indonesia yaitu merah putih dengan tulisan Puncak Kosakora di pada tiangnya.

Awal mula kepopuleran Puncak Kosakora bermula ketika seorang traveller yang tak sengaja singgah di kawasan tersebut. Keindahan pemandangan alam yang dimiliki tempat wisata ini diabadikan dan di unggah pada media sosial pribadinya. Bermula dari hal tersebut, akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata ini karena penasaran akan panorama alam yang dimilikinya.

Menikmati Pemandangan Alam

Hunting Foto

Bagi kamu yang mempunyai hobi fotografi landscape, tempat ini dapat menjadi alternatif destinasi hunting mu selanjutnya. Puncak Kosakora menawarkan berbagai objek memukau yang dapat kamu bidik dengan kamera. Kamu bisa memotret hamparan lautan luas, disertai deburan ombaknya yang menerpa tebing karang.

Camping

Bercamping juga merupakan kegiatan yang seru untuk dilakukan di Puncak Kosakora. Aktivitas ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang. Kamu dapat mendirikan tenda-tenda di tanah lapang yang dipenuhi padang rumput. Tak perlu khawatir, disini telah tersedia persewaan tenda yang dapat kamu gunakan untuk bercamping.

Fasilitas Puncak Kosakora

Fasilitas yang tersedia di Puncak Kosakora terbilang sangat minim. Hal tersebut di karenakan masih belum ada campur tangan pemerintah dalam pengelolaan tempat wisata ini.  Lokasi wisata masih di kelola secara swadaya oleh penduduk sekitar, hanya ada warung-warung sederhana yang menawarkan berbagai makanan dan minuman untuk wisatawan.

Akses Puncak Kosakora

Akses menuju lokasi wisata pun masih cukup sulit untuk di lalui. Hanya terdapat jalan setapak yang bisa dilalui wisatawan di perbukitan. Pemerintah perlu melakukan pengelolaan lebih lanjut untuk mengembangkan fasilitas yang ada di tempat ini, mengingat potensi wisata yang dapat menggerakkan roda perekonomian warga setempat. Puncak Kosakara memang menjadi primadona baru obyek wisata di Jogja, berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di Puncak Kosak

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk memasuki kawasan puncak, wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2.000, sedangkan kendaraan wisatawan dapat diparkirkan di Pantai Drini. Untuk menyewa tenda, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000 untuk tenda ukuran kecil, dan Rp. 10.000 untuk tenda besar.

Source wisata yogyakarta
Comments
Loading...