Embung Nglanggeran Yogyakarta

0 156

Embung Nglanggeran Yogyakarta

Embung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata yang baru di Gunung Kidul. Terletak di Nglanggeran, Patuk, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Mengingat umur dari tempat wisata tersebut baru 3 tahun. Embung Nglanggeran diresmikan menjadi objek wisata oleh Raja Jogja yaitu Sri Sulta HB X pada 19 Februari 2013. Embung Nglanggeran berfungsi sebagai penampung atau penyimpan air untuk mengairi kebun-kebun yang ada di bawah Bukit Nglanggeran.

Fasilitas Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sekitar maka di objek wisata alam Embung Nglanggeran ini sudah tersedia cukup lengkap fasilitas.  Beberapa  lahan parkir yang luas, terdapat toilet, pendopo hingga warung. Menaiki sebuah anak tangga untuk menuju Embung Nglanggeran, pengunjung tetap bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan. Terdapat tempat duduk yang terbuat dari cor-coran semen hingga gazebo yang siap melindungi pengunjung dari tgerik  panas matahari atau air hujan.

Pemandangan Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran berdekatan dengan objek wisata Gunung Api Purba yang menawarkan pemandangan lebih tinggi tersebut tidak kalah cantik untuk berburu sunset dari tetangganya. Telah banyak beredar foto-foto yang diambil oleh para pengunjung di Embung Nglanggeran yang begitu indah ini banyak yang berfoto di embung nglaggeran ini pemandanganya begitu indah.

Biaya Tiket Masuk (Retribusi) Embung Nglanggeran

Objek wisata di Gunungkidul ini sejak pertama kali di resmikan telah di berlakukan biaya retribusi atau tiket masuk ke kawasan objek wisata Nglanggeran. Untuk biaya retribusi di Embung Nglanggeran sudah menjadi satu paket dengan asuransi dan parkir kendaraan.

Harga dari tiket masuk Embung Nglanggeran sendiri cukup terjangkau, setiap orang hanya dikenakan biaya masuk kawasan wisata Embung Nglanggeran Gunungkidul sebesar Rp 7.000,00.

Peta Menuju Embung Nglanggeran

Jika anda berada di daerah Sleman atau pun kota Jogja, dapat menuju ke Embung Nglanggeran menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit.

Rute menuju Embung Nglanggeran bila Anda dari Jogja pastinya harus melewati Jalan Jogja-Wonosari. ikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di Indomaret Piyungan yang lokasinya sebelum naik ke gunung dan melewati Bukit Bintang. Anda dapat bertolak dari Indomaret Piyungan menuju Embung Nglanggeran. Waktu yang dibutuhkan cukup singkat yaitu sekitar 25 menit saja. Jika Anda tidak menggunakan smartphone untuk navigasi perjalanan menuju Embung Nglanggeran, jangan khawatir, karena di pinggir-pinggir jalan sepanjang jalan menuju Embung Nglanggeran telah terpampang jelas arah-arahn jalannya.

 

Source wisata yogyakarta
Comments
Loading...