Waduk Sermo Kulonprogo Yogyakarta

0 184

Waduk Sermo Kulonprogo Yogyakarta

 

Waduk Sermo Kulonprogo Salah satu wisata yang dapat kunjungi, Kulonporogo adalah Obyek Wisata Waduk Sermo yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulonprogo dapat di lihat ketika  sedang berkunjung ke obyek wisata Kalibiru Jogja. Dari atas Waduk S ermo akan terlihat sangat indah dan juga menyejukkan.

Tempat ini merupakan sebuah saluran irigasi untuk mengairi persawahan dan perkembunan di daerah Kalibawang yang mencakup lahan seluas 7152 Hektar. Namun seiring dengan meluasnya informasi yang di berikan dari mulut ke mulut, waduk ini menjadi minat dari masyarakat sekitar karena keindahan alamnya.

Fasilitas Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulonprogo  di jadikan sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah dan berbagai fasilitas lainnya yang di tawarkan di wisata Waduk Sermo. Seperti beberapa fasilitas yang di sediakan yaitu menyewa perahu untuk berkeliling di waduk dan tempat yang di sediakan untuk sekedar menikmati keindahan Waduk Sermo. Wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini tidak datang dari kalangan masyarakat sekitar, tetapi kini telah meluas hingga ke mancanegara.

Sejarah Singkat Mengenai Waduk Sermo

Tempat di Waduk Sermo merupakan sebuah proyek dari pemerintah setempat yang bertujuan untuk dapat mengairi beberapa lahan yang membutuhkan air, seperti persawahan, perkebunan hingga air di waduk ini sering kali digunakan untuk keperluan seperti mencuci masyarakat ataupun keperluan lainnya, pada akhirnya pihak pemerintah pun ikut menggunakan air di waduk ini untuk keperluan industri PDAM.

Waduk Sermo pertama kali di resmikan pada tahun 1996 oleh Bapak Presiden RI ke 2 yaitu Alm.Pak Suharto dan pembuatannya memerlukan waktu sekitar 2 Tahun lebih, Waduk ini dapat menampung air hingga 25.000.000 meter kubik sekaligus menjadikan waduk terbesar di Yogyakarta. Waduk ini mulai di operasikan pada tahun 1997 dengan harapan pemerintah jika para petani di sekitar kala itu dapat memanfaatkannya dengan baik dan meningkatkan hasil produksi mereka baik dari segi kwantitas ataupun kwalitas.

Yang Menarik di Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulonprogo menawarkan keindahan alam perbukitan menoreh serta waduk yang luas untuk dapat menikmati rekreasi bersama keluarga ataupun anda yang hanya sekedar iseng menikmati keindahan waduk sermo sambil bersantai. Anda dapat sambil bersepeda mengelilingi waduk ataupun berjalan-jalan dengan kualitas udara yang sangat segar dan sejuk.

Selain itu, anda juga dapat menyewa perahu untuk dapat mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu, anda tidak perlu khawatir karena air disini cukup tenang, dan dapat membawa anak anda kedalam perahu untuk menikmati segarnya udara dan angin yang berhembus saat tengah menaiki perahu. Atau mungkin anda yang sangat senang dengan kegiatan fotografi?

Anda dapat melakukannya diatas perahu dengan selfie atau bersama teman-teman anda tentunya lebih asyik bukan, di Waduk Sermo Kulonprogo. Anda harus  untuk mengabadikan langit senja ketika di waduk sermo. Apalagi jika anda sedang mengelilingi perahu, maka anda dapat mengeksplore kamera anda untuk berfoto – fot. Hasilnya sungguh sangat mengagumkan. Hal inilah yang kami rasakan ketika berada di waduk sermo menjelang sore hari.

Untuk berkunjung kesana sebaiknya pada pagi hari atau sore hari karena pada siang hari anda akan merasakan terik panas yang luar biasa, pada sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati suasana semilir angin sejuk dan juga teduh. Selain dapat menikmati wisata Waduk Sermo lokasinya pun tidak terlalu jauh dengan lokasi Wisata Kalibiru yang berada di puncak Waduk Sermo, hanya berjarak sekitar 3-8 Km untuk mencapai Wisata Kalibiru.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Saat memasuki kawasan Waduk Sermo anda akan di kenakan biaya tiket masuk di waduk sermo adalah sebagai berikut  :                                                                :

Motor Rp.1,000
Mobil Rp. 2,000
Bus Rp. 5,000
Dan tiket masuk kedalam tempat wisata Waduk Sermo hanya Rp. 2,000/orang

Sewa Perahu untuk keliling Waduk Sermo Rp 6.000 ( minimal pemberangkatan 5 org ). Jika kurang dari 5 orang, maka perahu akan menunggu hingga 5 org. Sewa Perahu juga dapat di sewa secara pribadi tanpa harus menunggu penumpang lain, besarannya sekitar Rp 30.000 / perahu.

Rute Waduk Sermo Kulonprogo

Sebagai patokan jalan pusat kota Yogyakarta menuju arah Wates dengan jarak tempuh sekitar 40 Km selama 1,5 Jam, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau dapat menyewa baik mobil atau motor yang tersedia di beberapa tempat penyewaan dengan syarat yang cukup mudah.

Setelah sampai di Wates anda sudah cukup dekat dengan Waduk Sermo, hanya berjarak 9 Km dan jarak tempuh sekitar 30 Menit untuk sampai ke tempat wisata. Jika anda kesulitan menentukan jalan sebaiknya bertanya pada masyarakat sekitar, tidak perlu sumkan masyarakat disana cukup ramah terhadap wisatawan domestic dari kota lain.

Source wisata yogyakarta
Comments
Loading...