Air Terjun Umbul Songo Jawa Tengah

0 117

Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo merupakan air terjun yang memiliki ketinggian yang terkenal dari air terjun lainnya tepatnya ada di Semarang. Terletak pada ketinggi 1.450m dari permukaan laut. Letaknya yang strategis karena di apit oleh dua buah gunung yaitu : Gunung Telemoyo dan Gunung Merbabu. Tinggi dari Air Terjun Umbul Songo mencapai angka 15 meter, yang dihiasi oleh aliran dari air yang begitu deras. Selain itu dinding-dinding yang berada disekitarnya masih terkesan memiliki suasana yang alami. Membuat Air Terjun Umbul Songo memiliki keunikan yang tak semua air terjun memilikinya.

Asal Mula Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbal Songo, berasal dari cerita zaman Kerajaan Demak. Nama Air Terjun Umbal Songo di artikan dengan Sembilan mata air yang ditemukan oleh wali songo pada zaman Kerajaan Demak. Awalnya para wali bersama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar di mudahkan dalam memperoleh sumber mata air. Dengan izin Allah permohonan para wali tersebut dikabulkan oleh Allah SWT, dan di keluarkan sumber mata air dengan debit begitu besar dan di beri nama dengan Umbul Songo. Sumber mata air ini terdiri dari 9 mata air , yaitu  Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng ,Peng Jero dan juga Kali Sati.

   

Fasilitas di Air Terjun Umbal Songo

Fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata ini, seperti area parkir yang begitu luas, dan taman bermain, tempat ibadah, toilet, serta tempat perkemahan dll. Jika anda ingin berenang sudah tersedia disini, tentunya sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Lokasi Air Terjun Umbal Songo

Tempat wisata Air Terjun Umbal Songo beralamat di komplek wana wisata Kopeng. Di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Jika kita lihat melalui titik koordinat maka ada pada alamat 7°23’49″S-110°25’17″E. Berkunjug ke tempat ini pertama harus melalui kota Salatiga berjarang sekitar 15 km. Dari Ungaran berjarak sekitar 34 km, dan untuk dari kota Semarang bejarak 54 km. Semua itu tergantung dari mana anda berada.

Akses Menuju Air Terjun Umbal Songo

Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Umbal Songo ini per-orang wajib di kenakan tarif sebesar Rp. 5.000 saja. Jika anda berkeinginan menginapan ke rumah para penduduk maka ada biaya sewa untuk tiap malamnya sebesar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 saja. Harga tersebut cukup dapat dijangkau oleh berbagai kalangan yang ingin menikmati wisata alam yang indah.

Source wisata semarang jawa tengah
Comments
Loading...