Obyek Wisata Setu Babakan Jakarta

0 62

Obyek Wisata Setu Babakan Jakarta

A. Selayang Padang

Setu Babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa,  Jakarta Selatan, Indonesia yang berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang di jaga warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi. Situ atau setu Babakan adalah danau buatan dengan area 32 hektar (79 akre) dimana airnya berasal dari Sungai Ciliwung. Danau ini juga disebut tempat rekreasi air seperti memancing, sepeda air, atau bersepeda mengelilingi tepian setu.

Setu Babakan merupakan kawasan hunian  yang memiliki nilai seni budaya baik dari sisi, seni pertunjukan, jajanan, busana, rutinitas keagamaan, maupun bentuk rumah Betawi, dll. Dari perkampungan yang luasnya 289 Hektar, 65 hektar di antaranya milik pemerintahan di mana dikelola hanya 32 hektar. Perkampungan  ini diami setidaknya 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut. Sedangkan sebagian kecil lainnya merupakan para pendatang, seperti pendatang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dll. Setu Babakan,  sebenarnya objek wisata yang terbilang baru. Peresmiannya sebagai kawasan cagar budaya dilakukan pada tahun 2004, yakni bersamaan dengan peringatan HUT DKI Jakarta ke-474. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya yang ada di darahnya.

B. Akses

Akses untuk menuju ke lokasi perkampungan Setu Babakanini sangat relatif mudah, karena terdapat banyak kendaraan umum yang melewati perkampungan ini. Dari Terminal Pasar Minggu, pengunjung dapat menggunakan Kopaja No. 616 jurusan Blok M menuju Cimpedak. Setelah sekitar 30 menit, pengunjung dapat turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan. Selain itu, bagi wisatawan yang berangkat dari Terminal Depok dapat menggunakan taksi menuju perkampungan Setu Babakan. Alternatif lainnya, pengunjung yang berangkat dari Terminal Depok dapat juga menggunakan Metromini 616 jurusan Blok M—Pasar Minggu-Cimpedak atau menggunakan angkutan umum bernomor 128, kemudian turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung diminta memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan.

C. Harga

Para wisatawan berkunjung ke perkampungan ini tidak dipungut biaya, namun hanya dikenai biaya parkir kendaraan sebesar  Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Wisatawan yang berkunjung diperbolehkan menikmati suasana perkampungan dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

D. Akomondasi Dan Fasilitas

Fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat ibadah, panggung pertunjukan seni, tempat bermain anak-anak, teater terbuka, wisma, kantor pengelola, galeri, dan pertokoan suvenir. Dengan fasilitas ini pengunjung dapat berfoto menggunakan busana adat khas Betawi dengan lokasi pemotretan yang disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Hal yang tak kalah menarik adalah saat ini (mulai Maret 2011) telah terbentuk suatu komunitas sepeda onthel di Setu Babakan dengan nama OSEBA (onthel Setoe Babakan). Komunitas ini biasa kumpul tiap Minggu pagi di depan halaman panggung utama.

Source wisata jakarta
Comments
Loading...