Obyek Wisata Pemandian Kalibacin Banyumas

0 186

Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin merupakan salah satu tempat wisata Pemandian yang ada di Banyumas. Pemandian Kalibacin ini terletak di di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Pemandian yang juga di kenal dengan nama Tirta Husada Kali Bacin ini hanya berjarak 350 meter dari tepi jalan masuk ke Bendung Gerak Serayu.

Sejarah Pemandian Kalibacin

Sejarah Pemandian Kalibacin ini mulai di bukanya pada tahun 1892 oleh Raden Dipowinoto dan beberapa kali di perbaiki atau di renovasi dari tahun ketahun. Pemandian ini memiliki keterangan yang tersedia dalam berbahasa jawa dan menggunakan huruf hanacaraka. Untuk kita yang tidak bisa membaca aksara tersebut, tidak ada salahnya jika bertanya kepada pihak penyelenggara.

Dalam papan keterangan tersebut terpampang nama-nama besar yang telah berjasa dalam menjaga kelestarian Pemandian Tirta Husada Kalibacin ini seperti Raden Danoesoebroto yang melakukan pemugaran tahun 1909. Raden Diposoebroto melakukan pemugaran tahun 1922. Raden Poerwodibroto tahun 1924 sedangkan  R.M. Tjokrodiprodjo pada tahun 1928. Sejak awal dibukanya pemandian ini memang dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit kulit.

Lokasi Pemandingan Kalibacin

Pemandian Kalibacin ini berada tidak jauh dari lokasi Bendung Gerak Serayu atau hanya berjarak sekitar 300 meter dari jalan besar yang menghubungkan Kota Purwokerto dan Bandung melalui jalur selatan. Untuk tarif masuk wisata ini, cukup  murah. Kita hanya membayar 3 ribu saja dan bisa menikmati kesegaran dari tempat wisata ini. Selain itu, kita bisa main sepuasnya di kolam renang atau mandi di kamar pemandian atau sekedar duduk-duduk dibawah rimbunnya pohon beringin.

Selain sebagai pemandian, tempat wisata ini  juga digunakan sebagai Sektretariat Paguyuban Juru Pelihara Benda Cagar Budaya atau Situs Rahkala Grha Situs. Sehingga tempat ini sering digunakan untuk berkumpulnya para penggiat kegiatan wisata Kabupaten Banyumas. Dan juga obyek wisata Pemandian Kalibacin ini juga merupakan salah satu benda atau situs yang bernuasa cagar budaya yang di kelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...