Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas

0 184

Kelenteng Boen Tek Bio

Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas merupakan tempat pertama yang saya kunjungi setiba di Kota Banyumas, kota kecil yang namanya menjadi nama kabupaten dan berarti “air emas”. Ini karena Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas merupakan tempat terdekat setelah menyeberang Kali Serayu, sekitar 100 m dari bibir sungai.

Kota Banyumas sangat dekat dengan Kali Serayu. Pusat pemerintahannya 500 m dari sungai, sehingga dulu sering banjir karena luapan Kali Serayu di musim hujan. Karena itulah ibukota pemerintahan di pindahkan ke Purwokerto yang berkembang jauh lebih pesat dari Banyumas.

Kunjungan ke Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas ini terjadi pada 12 September 2012. Ketika menulis kelenteng inilah saya bary tahu bahwa bangunan tua ini telah habis terbakar pada dinihari 24 Oktober 2012. Beruntung cukup banyak foto yang saya ambil sehingga bisa memberi gambaran kecantikan Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas sebelum terbakar.

Gerbang bagian belakang Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas yang berbentuk bulatan dengan lukisan relief burung bangau di sebelah kiri dan seekor kijang di sisi kanan. Namun alih-alih belok ke kanan masuk ke dalam kelenteng, saya meneruskan langkah menuju gedung besar yang semula saya kira merupakan bangunan utama kelenteng ini.

Bangunan itu ternyata Aula Gedung Tri Darma Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas yang terasnya ditopang enam pilar berlilit naga, dijaga Ciok Say (singa) jantan dan betina. Di tengah risplang terdapat relief pria dan wanita yang duduk di punggung burung hong. Di belakangnya ada relief naga, burung, bangau, Ciok Say, kijang, dan ikan berkepala naga.

Lokasi

Tepatnya lokasi kelenteng Boen Tek Bio terletak di Jalan Pemotongan No. 3 Kelurahan Purwokerto Utara, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, atau tepatnya berada di belakang Pasar Wage, Purwokerto.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...