Curug Gemawang Curug Indah Tersembunyi di Banyumas

0 180

Curug Gemawang

Curug Gumawang merupakan  salah satu tempat wisata Air Terjun yang ada di Banyumas. Dan Curug ini bertingkat tujuh, dan berada di lereng pegunungan. Saat ini Curug Gumawang masih sangat asli belum tersentuh oleh manusia. Air terjun yang berjarak sekitar 3,3 km dari jalan raya utama ini sangat menarik untuk dikunjungi. Berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar curug, asal mula Curug tersebut bahwa dahulu terdengar suara gemuruh yang berasal dari kejauhan. Oleh sebab itu, di namakan Curug Gumawang.

Lokasi Curug Gemawang

Curug Gemawang  ini terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

 

Keindahan Air Terjun Gemawang

Salah satu curug yang terkenal di Banyumas adalah Curug Gemawang. Curug ini terletak di Desa Kemawi, Air terjun Gemawang memiliki ketinggian kurang lebih 60 m dan terdiri atas beberapa tingkatan. Kurang lebih ada sekitar 7 tingkatan genangan air atau di sebut dengan kedung.  Apabila dilihat dari bawah, hanya akan terlihat tiga tingkatan. Tingkatan paling besar adalah yang nomor 2 dari bawah. Tingkatan atas juga terlihat bertingkat tapi tidak terlalu tinggi dan hanya bisa dilihat dari jalan menuju Curug Gemawang.

7 tingkatan kedung yang terdapat di Curug Gemawang adalah Kedung Pundak, Kedung Tumbu, Kedung Dhandhang, Kedung Wuluh, Kedung Wungu, Kedung Nyai Gendur dan Kedung Jojogan. Hingga saat ini, kedung yang dikeramatkan oleh warga adalah Kedung Pundak.

Akses Menuju Curug Gemawang

Curug Gemawang berjarak kurang lebih 15 km ke arah selatan timur kota Banyumas. Dari Banyumas arahkan kendaraan Anda ke arah timur sampai pasar Sokawera lalu ke Selatan. Selanjutnya dari pasar 1 km akan di temui tanjakan, lewat desa Tangeran. Lalu dari suatu perempatan yang oleh orang setempat dinamakan Wates, belok kiri menuju Kemawi.

Sampai di perempatan depan puskesmas Kemawi, belok kanan dan disitu terdapat papan petunjuk arah menuju Curug. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pertigaan jalan, selanjutnya ambil ke arah kanan dengan mengikuti arah petunjuk arah ke lokasi Curug. Tiket masuk dan parkir sebesar 3000 rupiah.

 

Source wisata banyumas
Comments
Loading...