Bumi Perkemahan Kendalisada Banyumas

0 295

Bumi Perkemahan Kendalisada

Bumi perkemahan (BUMPER) adalah sebuah obyek wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Potensi wisata yang ada di kawasan ini adalah hamparan rumput yang di atasnya berdiri pohon damar atau pinus. Para wisatawan yang mengunjungi wisata BUMPER akan di suguhkan jutaan hutan damar yang eksotis. Bagi wisatawan yang hoby outbond atau camping mungkin BUMPER bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bumi Perkemahan Kendalisada adalah salah satu tempat wisata bumi perkemahan yang ketika kita berkunjung tidak terasa panas. Karena ditempat ini kita akan dilindungi dari sinar matahari denganh keberadaan pepohonan yang rindang. Bumi peremahan terkenal ini di Banyumas memiliki area yang sangat luas, yang mencapai sekitar 20 ha. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah atau suatu gegiatan tertentu.

Lokasi 

Lokasi Bumi Perkemahan Kendalisada terletak di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.

Fasilitas Bumi Perkemahan Kendalisada

Selain memiliki gedung serbaguna dengan luas sekitar 200 m2. Di bumi Perkemahan Kendalisada juga terdapat asrama yang luasnya mencapai 120 m2, dengan ruang kantor dengan seluas 100 m2. Diruang itu kita bisa berbincang-bincang dengan seorang petugas mengenai tempat wisata ini. Di sebelah kanan pendopo terdapat jajaran warung sederhana yang menyediakan berbagai menu minuman panas bagi pengunjung, serta jajanan ringan, dan mie rebus.

Gerbang masuk ke kompleks Bumi Perkemahan Kendalisada kita akan melihat seorang petugas kebersihan tengah menyapu jalanan dengan sapu lidinya. Namun ketika tidak ada petugas, kita masuk saja langsung masuk ke dalam kompleks dengan mengikuti alur jalan beraspal yang masih cukup baik. Dengan melewati area pembibitan pohon dan kawasan hutan yang kelihatan relatif muda.

Rute Menuju Bumi Perkemahan Kendalisada

Dari arah Purwokerto, jalan masuk ke perkemahan berada sekitar 100 meter setelah SMK Negeri I Kalibagor, yang berada di kanan jalan. Lokasi Bumi Perkemahan berada dalam kawasan masuk wilayah Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Yang berjarak sekitar 12,6 km atau 26 menit perjalanan dari Alun-alun Purwokerto

Umumnya memang bumi perkemahan berada dalam  tempat yang sejuk luas, biasanya di areal perbukitan, dengan berbagai pepohonan rimbun, dan sumber air yang mencukupi intuk keperluan berkemah. Bumi Perkemahan Kendalisada memenuhi kelaziman dan standart itu, dalam hal keluasan tempatnya yang ada di perbukitan. Namun hanya saja pepohonannya agak kurang subur, dan ada sejumlah hal yang perlu dan harus di perbaiki.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...