Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-EXbl5f.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh Banyumas

0 116

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh merupakan salah satu obyek wisata alam yang berada di area Kebun Raya Baturraden – Kabupaten Banyumas. Lokasinya mudah di akses dan cukup dekat dengan Kota Purwokerto, bisa di tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam perjalanan. Hanya berjarak sekitar 2,5 Kilometer dari Lokawisata Baturraden, dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari sini maupun dengan kendaraan baik Mobil maupun Sepeda Motor yang bisa masuk sampai lokasi.

Sesuai namanya, Pancuran Pitu atau dalam bahasa Indonesia disebut Pancuran Tujuh (7) merupakan sumber air panas bumi yang airnya terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet berupa tujuh pancuran. Airnya cukup panas sehingga jika pengunjung ingin mencoba atau naik ke pancuran tersebut sebaiknya menggunakan sendal agar tidak kepanasan. Air ini mengandung belerang yang konon baik untuk kesehatan kulit, makanya banyak yang cuci kaki, cuci tangan, cuci muka atau mandi di tempat yang disediakan.

Aksesbilitas

Untuk menuju ke Pancuran Tujuh, ada dua jalur yang bisa ditempuh. Yang pertama melalui kawasan Wana wisata Baturaden yakni dengan melewati jalur jalan setapak yang sudah disediakan pengelola sepanjang 2,5 km.

Kondisi jalanan relatif baik dan selama perjalanan kita akan ditemani oleh hijaunya pepohonan, aliran sungai dan suara hewan di hutan yang mungkin jarang kita dengar sehari-hari. Meski begitu, jika memilih melalu jalur ini, siapkan fisik yang mumpuni karena akan banyak sekali tanjakan-tanjakan yang curam akan kita lalui. Yang kedua dengan menggunakan mobil pribadi melewati area hutan. Memang lebih memutar, akan tetapi cara yang kedua bisa ditempuh jika Anda mempunyai bujet lebih dan tidak sedang dalam kondisi prima.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke sini cukup membayar 13.000 rupiah sebagai uang retribusi dan kita masih harus berjalan sejauh 200 meter menuju ke pancuran air panasnya. Buat pengunjung yang pegal berjalan jauh untuk mencapai tempat ini, jangan khawatir karena di Pancuran Tujuh juga banyak warga lokal yang menyediakan pijat kaki menggunakan lulur belerang hanya sepuluh ribu saja. Dijamin pegal hilang dan kulit pun mulus.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...