Berwisata Ke Curug Nangga Banyumas

0 91
Curug Nangga

Curug Nangga merupakansalah satu tempat wisata Air Terjun. Curug ini terletak di kabupaten Banyumas, tepatnya berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Curug Nangga ini terkenal karena ramai dibicarakan di berbagai media social. Curug yang memiliki 7 tingkat air terjun ini menjadi terkenal karena pemandangannya yang indah, mirip seperti air terjun di Tabanan Bali.

Semenjak Curug Nangga terkenal, banyak wisatawan yang berasal dari sekitar Banyumas maupun yang berada di luar Banyumas yang berdatangan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Pemerintah kabupaten Banyumas juga tidak tinggal diam dengan melihat potensi wisata yang berada di daerahnya. Pemerintah langsung memberikan petunjuk jalan untuk menuju ke tempat wisata Curug Nangga.

Aksesbilitas

Untuk masuk ke lokasi Curug Nangga saya harus membayar tiket Rp.10.000/orang. Lokasi parkiran kendaraan telah tersedia meski di halaman rumah warga. Biaya parkir untuk mobil Rp. 5000 dan untuk motor Rp 2000. Lokasi Curug Nangga berada di seberang bukit, jadi saya harus berjalan kaki kurang lebih 800 meter dari lokasi parkir. Jalan menuju Curug Nangga telah dirapihkan dengan batu, jalan menurun dan kiri kanan persawahan sangat asik sekali. Ada beberapa warung tempat istirahat di sisi jalan. Tempat wisata ini masih bersih dan masih terjaga kelesatariannya. Curug Nangga sudah dapat dilihat dari bukit diseberang.

Rute Menuju Curug Nangga

Untuk rutenya, wisatawan dapat mengambil jalan Purwokerto Tegal. Jika dari arah selatan / arah Ajibarang, petunjuk yang bisa digunakan adalah dari jembatan timbang bernama jembatan Kali Tonjong. Setelah melewati itu, akan terdapat Rumah Makan cukup besar yang merupakan Rest Area dari bus PO Sumber Alam. Sekitar 100 meter dari rumah makan tersebut terdapat pos ojek yang bertepatan dengan pertigaan bernama pertigaan Cikawung. Dari pertigaan tersebut wisatawan dapat belok ke kiri menuju Desa Semedo, kemudian Desa Petahunan.

Dari desa Petahunan, akan terdapat petunjuk jalan menuju ke Curug Nangga. Lokasi parkir kendaraan berada di dekat sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan sekitar 2 kilometer untuk sampai ke lokasi melalui jalan setapak. Jalan menuju lokasi masih berupa anak tangga dan jalan setapak dari tanah sehingga pengunjung diharapkan berhati-hati saat menuju ke Curug.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...