Curug Cipendok Tempat Wisata di Banyumas

0 121
Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan salah satu tempat wisata Air Terjun yang ada di Banyumas. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 93 m yang masuk kedalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan, Banyumas Timur. Lingkungan di curug ini masih alami dengan hutan produksi dan lindung yang terjaga baik, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Kesunyian yang ada di sekitar curug ini masih terasa di mana belum banyak pelancong yang berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Lokasi

Curug Cipendok terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih 15 km dari arah barat kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar setengah jam atau sekitar 7 km dari Ajibarang.  Menuju Curug Cipendok tidaklah terlalu susah. Hanya saja, belum ada angkutan umum resmi yang sampai ke sana, sehingga kalau  mengunjungi tempat itu harus dengan kendaraan pribadi atau sewaan.
Jika dari kota Purwokerto dengan melewati jalan Jend. Sudirman ke arah alun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Losari, sekitar 7 km jauhnya dari Purwokerto.  Selanjutnya akan ditemui plang tanda jalan masuk ke curug yang keberadaannya disebelah kiri jalan raya.  Plang masuk ini berada di rambu lampu kuning berkelap-kelip di pertigaan jalan raya Cilongok.  Dari pertigaan ini ambil belokan ke kanan ke jalan raya Cilongok dengan jarak sekitar 8 km hingga pintu gerbang curug.  Kondisi jalan ini  cukup berkelok-kelok dan naik, namun kondisi jalan sudah beraspal semua dan ada penunjuk jalannya.

Sesampainya di pintu gerbang perjalanan diteruskan sekitar 1 km hingga tiba di lokasi area parkir.  Dan dari lokasi parkir ini untuk menuju ke Curug Cipendok perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 500 meter dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk untuk berkunjung ke curug ini adalah Rp 6000 per orang, sudah termasuk asuransi kecelakaan.

Fasilitas dan Akomodasi

Tersedia tempat parkir, tempat istirahat, arena bermain anak-anak seperti ayunan dan kamar mandi.  Dilokasi curug ini terdapat menara pandang  yang dapat melihat pemandangan kota Purwokerto apabila cuaca sedang cerah. Juga sepanjang jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan mendoan, susu murni dan makanan kecil. 

Source wisata Curug Cipendok Tempat Wisata di Banyumas Jawa Tengah
Comments
Loading...