Obyek Wisata Curug Lawa Banyumas

0 152

Curug Lawa

Curug Lawa merupakan salah satu ikon tempat wisata alam milik Desa Gandatapa yang masih alami dan belum tercampur tangan oleh manusia. curug ini terletak di Desa Gandatapa.

 

Saat ini Curug Lawa memang belum sepopuler curug-curug lain yang ada di Wilayah Kabupaten Banyumas. Tetapi jika anda adalah seorang petualang atau orang yang gemar jalan-jalan mencari sensasi ke tempat-tempat baru, Curug Lawa merupakan tempat yang sangat direkomendasikan. Selain tempatnya yang masih alami, air di Curug Lawa juga sangat sejuk karena terletak di pegunungan.

Lokasi

Curug Lawa terletak di Dusun Blembeng, Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, sekitar 16 km arah timur kota Purwokerto. Menawarkan keindahan panorama yang alami serta mudah dijangkau, cocok sebagai destinasi wisata alternatif yang murah dan memuaskan.

Keindahan

Curug Lawa sebenarnya sangat dekat dengan Curug Ceheng, bahkan berada di desa yang sama. Namun air terjun yang memang bisa dibilang kecil ini tidak banyak orang yang tahu. Padahal sumber air di Curug Lawa sangat jernih dan belum tercemar, hingga dulu warga sering memanfaatkannya untuk air minum. Namun karena sekarang sudah ada pipa saluran air, curug ini jadi jarang dikunjungi dan jalan setapak yang menuju ke sana sudah tidak terurus lagi. Sayangnya pemerintah belum ada rencana untuk membangun Curug Lawa sebagai tempat wisata.

Curug Lawa yang memiliki ketinggian 10 meter.  Curug Lawa berdekatan dengan Curug Caheng dan kerap dimanfaat untuk sumber air minum karena kondisi airnya yang memang jernih. Hanya saja, pemerintah setempat kurang memerhatikan fasilitas dan kondisi jalan menuju curug ini. Padahal Curug Lawa berpotensi tinggi sebagai obyek wisata, terlebih lagi lokasinya yang tak jauh dari curug Ceheng yang memang sudah dikenal sebagai salah satu obyek wisata menarik di Banyumas.

Source wisata Obyek Wisata Curug Lawa Banyumas Jawa Tengah
Comments
Loading...