Alun-Alun Kota Lama Banyumas

0 196

Alun- alun Banyumas

Alun-alun Kota Lama Banyumas adalah alun alun yang berada 18 km arah selatan Alun-alun Purwokerto. Alun-alun ini termasuk kedalam salah satu penanda pusat pemerintahan di Jawa, selain Pendopo Kabupaten dan Masjid Agung. Di sebelah barat Alun-alun terdapat Masjid Nur Sulaiman, di utara ada Pendopo Duplikat Si Panji, dan sebelah timur adalah Lembaga Pemasyarakat Banyumas.

Lokasi Alun -alun Banyumas

Alun-alun Kota Lama Banyumas terletak di sebelah selatan Kota Purwokerto, berjarak sekitar 18 km. Jaman dahulu, alun-alun merupakan penanda pusat pemerintahan. Menuju ke sana kita harus melalui jalan Yogya Purwokerto. Awalnya ibukota Kabupaten Banyumas terletak di Banyumas (kecamatan Banyumas). Pemindahan ibukota dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 1937. Pendopo yang ada di Banyumas sekarang hanyalah duplikatnya. Menurut keyakinan masyarakat setempat, pemboyongan tiang Pendopo Sipanji ke Purwokerto tidak boleh menyeberangi sungai Serayu. Oleh karena itu, pengangkutan tersebut harus dibawa mem

Sejarah Kota Lama Banyumas

Alun-alun yang sekarang sudah tertata rapi ini banyak menyedot perhatian masyarakat. Apalagi dengan terpasangnya tulisan BANYUMAS sebagai ikonnya. Berbagai sarana pun tersedia untuk memanjakan masyarakat, mulai dari Keberadaan paving blok yang biasa dimanfaatkan oleh warga untuk joging dan jalan sehat serta beberapa fasilitas olah raga dan bermain lainnya. Selain itu berbagai macam sajian kuliner pun tersedia sebagai pelengkap pengunjung yang menikmati suasana kota yang masih kental dengan beragam warisan sejarah ini.

Bagi pengunjung yang ingin berlatih kebugaran, seman bersama bisa menjadi salah satu pilihan. Di Alun-alun Banyumas setiap hari Minggu selalu diadakan senam bersama untuk umum. Kegiatan senam bersama ini dipandu oleh instruktur senam serta diiringi lagu sebagai penyemangat.

Selain dipergunakan untuk sarana bersantai, olah raga dan acara-acara kusus, Alun-alun Kota Lama Banyumas juga menjadi salah satu daerah istimewa bagi penikmat sejarah. Berbagai warisan cagar budaya dan corak sejarah masih terlihat dikomplek yang pernah menjadi salah satu penanda pusat pemerintahan di Jawa ini. Ada tiga karakter, kolonial, Islam, dan Tionghoa melekat di sekitar kawasan tersebut.

Demikian pula dengan rupa Pendapa Si Panji yang diduplikasi untuk mengenang keberadaannya sebelum berpindah ke Purwokerto. Bekas pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas itu terlihat megah, meski berukuran relatif kecil dibandingkan dengan aslinya. Sementara Di sebelah barat Alun-alun terdapat Masjid Nur Sulaiman yang dibangun pada tahun 1755. Masjid Nur Sulaiman Banyumas adalah masjid agung ketika pusat pemerintahan masih berada di Kota Banyumas.

Source wisata Alun-Alun Kota Lama Banyumas, Wisata Sejarah Banyumas
Comments
Loading...