Taman Balekemambang Purwokerto

0 280

Taman Balekemambang

Taman Balekemambang Purwokerto merupakan salah satu tempat wisata alam buatan sekaligus sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dari namanya mungkin sudah terbayang suasananya banyak air dan ada bale terapung, kalo menurut saya sih “Bale” artinya bagian depan rumah untuk bersantai atau ruang tamu, sedang “Kemambang” artinya terapung di air. Dan memang di Taman Balekemambang (bukan balekambang loh) ada kolam yang di atasnya ada bale tempat bersantai dengan melihat pemandangan sekitar maupun kolam ikan yang banyak ikan hiasnya.

Lokasi Taman Balekamambang

Taman Balekamambang terletak di jalan Karang Kobar No.9, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115, Indonesia.

Fasilitas Taman Balekamambang

Taman Balekemambang ini berada di tengah kota dan sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Selain cocok untuk edukasi alam juga tersedia fasilitas mainan aktifitas anak-anak. Kolam sedalam 1.6 meter berisi ikan (mungkin ikan hias) berwarna-warni yang sangat menarik dan pengunjung bisa memberi makan pelet yang bisa di beli di loket tiket seharga seribu per bungkus.

Harga Tiket Masuk Taman Balekemambang

Untuk menikmati indah dan nyamannya Taman Balai Kemambang Purwokerto, anda tidak harus merogoh kocek yang dalam untuk membayar retribusi retribusinya. Cukup dengan Rp. 2.500 untuk dewasa dan Rp. 1.500 untuk anak-anak. Murahnya harga tiket masuk ini juga berimbas pada ramainya pengunjung dari pagi bahkan hingga malam hari. Meskipun menurut saya, seharusnya pemerintah dalam hal ini Pemkab Banyumas seharusnya menyediakan ruang public yang gratis bagi warganya.

Rute Menuju Taman Balekamambang

Untuk menuju ke Taman Balekemambang sangat mudah. Lokasinya berada di sebelah barat perumahan Permata Hijau. Jika dari alun-alun ke arah utara melewati jalan masjid hingga perempatan belok kanan lewat Jl. Gatot Soebroto sampai pertigaan SMA 2. Belok kiri ke arah utara lewat perempatan karangkobar ke utara lagi sekitar 500meter sampai di lokasi. Kalau dari arah GOR, Hotel Aston atau Horison tinggal ke barat sepanjang Jl. Dr. Angka hingga perempatan Karang Kobar belok kanan.

Source wisata Taman Balai Kemambang Purwokerto
Comments
Loading...