Kebun Raya Baturaden Banyumas

0 213
Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden merupakan suatu area yang di tanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk penelitian, konservasi, dan wisata serta pendidikan.
Saat ini Indonesia memiliki 27 kebun raya. 5 kebun raya diantaranya dikelola langsung oleh LIPI yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali (Bedugul), dan Kebun Botani Puspiptek Serpong. Sedangkan sisanya, 22 kebun raya dikelola oleh pemerintah daerah termasuk salah satunya Kebun Raya Baturaden yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi

Lokasi Kebun Raya Baturraden terletak di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Bagi yang belum pernah ke Baturraden, tempat wisata ini bisa ditemui dengan berkendara dari kota Purwokerto ke arah utara menuju Baturraden sejauh kurang lebih 15 kilometer.

Harga Tiket Masuk

Jika Anda bertanya tentang harga tiket masuk Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah 53151. Harganya cukup terjangkau dan tidak membuat dompet Anda tipis seketika. Untuk biaya masuknya, Anda akan dikenakan tarif 10.000 rupiah per orang. Dan untuk biaya parkir, bila Anda menggunakan sepeda motor, akan dikenakan tarif 3.000 rupiah saja. Sangat terjangkau bukan? Tempat ini akan cocok bila Anda ingin berhemat namun tetap bisa berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman – teman. Harga tiket masuk ini sangatlah relatif murah, namun cukup memuaskan bila Anda berhasil mengitari kebun raya ini sepenuhnya.

Koleksi Tanaman

Menurut laman resmi Kebun Raya Baturraden (www.kebunrayabaturraden.org), Kebun Raya Baturraden mengusung konsep kebun raya tematik “Tanaman Pegunungan Jawa.” Dengan adanya konsep kebun raya tematik tanaman pegunungan Jawa, maka pengelola Kebun Raya Baturraden mulai mengumpulkan beragam flora khas pegunungan. Tentu yang pertama dikumpulkan adalah tanaman dan pepohonan khas di Gunung Slamet. Berbagai macam flora yang telah dikumpulkan di antaranya adalah tumbuhan paku, anggrek, kantung semar, tanaman obat dan lainnya. Hingga kini, Kebun Raya Baturraden memiliki koleksi 116 suku, 396 marga, 571 spesies dan 2.637 spesimen. Jumlah tersebut dimungkinkan akan terus bertambah untuk menambah koleksi untuk melengkapi tanaman dan tumbuhan koleksi dari pegunungan di Jawa.

Kebun Raya Baturraden ini menempati lahan hutan lindung yang dikelola PT. Perhutani. Vegetasi di lokasi ini kebanyakan adalah tanaman pinus yang sudah berusia puluhan tahun. Kondisi topografi lahan di Kebun Raya Baturraden mulai landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian +600-750 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan. Keadaan suhu Kebun Raya Baturaden berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan curah hujan sangat tinggi (5.000-6.174 mm/th).

Akses

Untuk menuju kesana Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, silahkan Anda pilih kendaraan yang menurut Anda nyaman untuk digunakan. Dan yang pasti aman bila digunakan untuk membawa Anda bersama rombongan, baik teman – teman atau keluarga hingga ke Baturaden. Jika Anda hanya berdua atau sendiri, pilihan menggunakan kendaraan sepeda motor juga menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Kembali lagi ke kebutuhan Anda, pastinya harus disesuaikan.

Source wisata Tempat wisata Indonesia
Comments
Loading...