Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-Mlv9lP.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Cilacap

0 214

Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman

Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman atau Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman adalah salah satu tempat wisata sejarah di Purwokerto. Berada pada lokasinya tepat di sebelah timur jembatan Sungai Logawa yang menjadi pintu masuk Kota Purwokerto dari arah barat.

Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman atau Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirmanadalah salah satu tempat wisata sejarah di Purwokerto. Memiliki dua lantai yang pada lantai bawah menceritakan sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman saat merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibukota Indonesia (pada saat itu) dari Kolonial Belanda. Dan pada lantai dua terdapat patung Jenderal Soedirman duduk diatas kuda, patung ini terbuat dari bahan perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.

Sejarah

Jika pada awalnya pada lantai bawah cerita sejarah menggunakan foto-foto, saat ini sudah digantikan dengan diorama dengan keterangan di bawahnya agar pengunjung lebih menjiwai sejarah pada masa itu Di bawah patung Jenderal Soedirman yang menunggang kuda, terdapat relief-relief sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1945. Dan di belakang patung terdapat lambang Negara Indonesia yakni Garuda Pancasila.

Obyek wisata sejarah ini buka setiap hari seperti jam kerja pegawai negeri, yaitu mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 15.30 sore. Dan tidak ada libur mekipun pada hari minggu. Untuk masuk ke area obyek wisata Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, di depan ada loket tiket, cukup membayar tiket masuk Rp. 3000 per orang dan didalam banyak area parkir gratis baik untuk mobil ataupun sepeda motor.

Lokasi

Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman terletak di Jalan Soedirman Kelurahan Karanglewas Kecamatan Purwokerto Barat, persis di sebelah timur Sungai Logawa. Di museum yang dikelilingi hutan kota yang rindang ini terdapat koleksi barang-barang milik Jenderal Soedirman.

Source wisata purwokerto
Comments
Loading...