Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-lyZ888.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
0 209

Wisata Goa Jatijajar

 

Gua Jatijajar merupakan gua alam yang awalnya terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gua ini terletak 21 km sebelah barat daya Kecamatan Gombong. Gua Jatijajar pertama kali di temukan oleh seorang petani yang bernama Jayamenawi pada tahun 1802. Ceritanya, ketika sedang mengambil rumput di ladang, ia terperosok ke dalam sebuah lubang. Sejumlah warga berusaha membantu Jayamenawi dengan cara membersihkan tanah penutup lubang.

Sejarah

Gua Jatijajar di temukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas gua tersebut, ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, ia jatuh kesebuah lubang yang ternyata lubang itu adalah sebuah ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut. Setelah Jayamenawi menemukan gua ini, tak lama kemudian Bupati Kebumen pada saat itu meninjau lokasi tersebut.

Akses

Untuk akses menuju lokasi, biasa dibilang cukup mudah, dari pusat kota Kebumen kamu tinggal mengikuti rute Kebumen-Karanganyar-Gombong dan dilanjutkan menuju Kecamatan Ayah dengan mengikuti jalur menuju Pantai Ayah dan setelah itu ikuti petunjuk jalan menuju Goa Jatijajar, lokasi Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, apabila kamu takut tersesat, bisa bertanya pada masyarakat setempat.

Fasilitas

Goa Jatijajar ini memiliki fasilitas seperti  Kamar Mandi, Tempat parkir ,Mushola ,Warung makan dan toko souvenir Tempat bermain anak.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Goa Jatijajar ini di kenakan biaya sebesar Rp. 7.500/orang.
Jam Buka : 09:00-17:00 WIB.

Akomodasi (Penginapan)

Sejauh ini belum terdapat hotel ataupun jenis penginapan lain disekitar Goa Jatijajar, sebagai alternatifnya kamu bisa mencari penginapan disekitar Pantai Ayah atau di pusat kota Kebumen.
Source wisata cilacap
Comments
Loading...