Bumi Perkemahan Jambusari Cilacap

0 258

Bumi Perkemahan Jambusari

Bumi perkemahan merupakan salah satu sarana yang di perlukan untuk membangun pendidikan karakter, mengembangkan pariwisata lokal, serta meningkatkan kecintaan kepada alam. Mempertimbangkan bentang alam yang luas dan beragam, semestinya Pemkab Cilacap memiliki visi yang besar untuk mengembangkannya. Sebelumnya sempat muncul rencana bahwa Bumi Perkemahan Jambusari akan dihidupkan kembali, oleh cabang kepramukaan Kwarcab XI.01 Cilacap Utara. Selain itu berdasarkan informasi yang dihimpun, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang mengalokasikan dana 1 Milyar, untuk Rehabilitasi dan penataan bumi perkemahan Jambusari Cilacap. Namun hingga saat ini, rencana tersebut belum membuahkan hasil.

Bumi Perkemahan Jambusari yang merupakan sebuah areal perkemahan yang dikelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka XI 01 Kabupaten Cilacap, rencananya kembali akan dimanfaatkan untuk kegiatan kepramukaan. Humas Pemkab Cilacap Budi mengungkapkan, bahwa Bumi Perkemahan Jambusari yang dalam beberapa tahun terakhir mangkrak, rencananya akan dihidupkan kembali oleh cabang kepramukaan Kwarcab XI 01 Cilacap Utara.

Lokasi

Bumi Perkemahan terletak di jalan Cilacap Wangon, Jeruklegi, Jambusari, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53252, Indonesia.

Fasilits

Saat ini, kondisi berbagai fasilitas bumi perkemahan Jambusari seperti gedung, mck, jaringan listrik, air bersih, kondisinya sangat tidak terawat. Dia menambahkan, Ketua KwarcabXI.01, Sutarjo, sudah meminta agar bumi perkemahan jambusari seluas 26 hektar lebih dihidupkan kembali.  Penghijauan disekitar lokasi, menurut dia juga perlu segera dibenahi. Ia berharap itu dapat segera terwujud, agar Bumi Perkemahan Jambusari bisa kembali menjadi kebanggaan Gerakan Pramuka Cilacap.

Source wisata cilacap
Comments
Loading...