Tempat Wisata Museum Soesilo Soedarman

0 252

Museum Soesilo Soedarman

Museum Soesilo Soedarman merupakan gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum. Museum juga andil mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, sebab dengan adanya Museum, anak didik dapat mengenal benda-benda kuno dalam sejarah bangsa Indonesia.

Lokasi

Museum Soesilo Soedarman terletak di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah. Museum ini di dirikan pada tahun 1899 oleh Eyang Dipakarsa, Penatus pertama desa Gentasari, yang juga dikenal dengan Eyang Mendali, dan merupakan Eyang Buyut dari Soesilo Soedarman.

Adapun Museum ini menempati Pendopo Wisma Mbah Ageng. Jaraknya sekitar 200 meter dari Pondok Pesantren Roudlotul Jinan yang di dirikan oleh almaghfurlah KH. AM. Sudiyat Ya’qub.

Latar Belakang dan Sejarah

Museum “Soesilo Soedarman” berdiri sejak tahun 2000. Diresmikan pada tanggal 24 MAret 2000. Peresmian oleh Dirut PT. Telkom Tbk, dan dihadiri oleh ibu Widaningsri Soesilo, Bupati Cilacap Herry Tabri Karta, SH, Bp. Dr.Ir. Indroyono Soesilo, Msc, Apu sebagai pemilik museum dan seluruh keluarga besar Soesilo Soedarman serta masyarakat setempat.

Koleksi Museum

Bangunan arsitektur Pendopo Jawa Wisma Mbah Ageng ini memperlihatkan ciri khas Pendopo Banyumas yang dibangun tahun 1899. Didalam pendopo dijumpai perabot rumah tangga dan ornamen pusaka-pusaka Keluarga Jawa pada Akhir Abad-19, awal Abad 20.

Dihalaman Museum terpajang Kendaraan Panser Amphibi BRDM Batalyon Kavaleri I TNI-AD “Badak Putih”, buatan Rusia tahun 1958. Mayor Kav.Soesilo Soedarman adalah Komandan Batalyon ini, kurun 1959-1960. Didalam Museum terpajang beragam foto dan peluru kanon tank serta panser Indonesia, seperti tank AMX-13, SCORPION, panser Saladin dan V-150. Soesilo Soedarman juga adalah perintis Korps Kavaleri Indonesia.

Terdapat pula koleksi Patung Badak Cula Satu VISIT INDONESIA YEAR 1991, sebagai lambang Promosi Pariwisata Indonesia. Serta Replika Pesawat Boeing 747-400 Garuda Indonesia VISIT INDONESIA YEAR 1991.

Source wisata cilacap
Comments
Loading...