Obyek Wisata Curug Cimandaway Jawa Tengah

0 242

Curug Cimandaway

 

 

Curug Cimandaway adalah sebuah tempat wisata air terjun terletak di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah tepatnya berada di kota Majenang Dusun Serang. Curug Cimandaway sebenarnya sudah di kenal oleh masyarakat setempat sejak tahun 1986. Nama air terjun Curug Cimandaway ini bearasal dari nama Ci yang berarti Air, Ma berarti Sima atau terkesima, Da berarti Darah dan Way berarti Wanita, sehingga jika di artikan secara keseluruhan arti dari nama Curug Cimandaway ini adalah Air yang mempesona/ membuat wanita terkesima.

Curug Cimandaway berada di perkebunan karet milik Perhutani Banyumas Barat ini, memiliki lima tingkatan dengan total ketinggian sekitar 100 meter tetapi yang terlihat jelas hanya 75 meter. Keunikan Curug ini adalah sumber airnya berasal dari Sungai Singaraja dan airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang berada di bawahnya.

Lokasi Curug Cimandaway

Curug Cimandaway  terletak di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah.

Aksesbilitas Curug Cimandaway

Berjarak sekitar sekitar 100 kilometer dari Kota Cilacap atau 30 km ke arah utara dari jalan raya di jalur selatan Jateng dengan pintu masuk melalui pertigaan Mergo, Desa Panulisan, Kecamatan Dayeuhluhur.  Kondisi jalan sejauh 20 kilometer dari pertigaan Mergo hingga Desa Datar dalam keadaan halus dan berliku dengan pemandangan kebun karet serta sawah dan suasana pedesaan. Akan tetapi kondisi jalan dari Desa Datar menuju Curug Cimandaway dalam keadaan rusak sehingga kurang nyaman untuk berkendaraan.

Tips Curug Cimandaway

  1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Curug Cimandaway, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
  2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
  3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
  4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Curug Cimandaway sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.
Source wisata cilacap
Comments
Loading...