Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-Lj8Fs6.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Pantai Ujong Kareung Aceh

0 159

Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung merupakan pantai yang terletak di ujung Selatan Kota Meulaboh. Ujong Kareung sendiri diambil dari Bahasa Aceh yang dalam Bahasa Indonesia berarti Ujung Karang. Nama tersebut sesuai dengan lokasi pantai yang memang berada di ujung Kota Meulaboh dan di penuhi oleh karang.

Lokasi  Pantai Ujong Kareung

Lokasi Pantai Ujong Kareung  terletak di wilayah Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh. Pantai ini berjarak sekita r 1,5 km dari jantung Kota Meulaboh dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Sejarah Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung di jadikan sebagai tempat pertahanan oleh para penjajah pada masa perang dahulu. Hal ini terlihat dari bangunan Benteng Jepang yang masih berdiri kokoh di pinggir pantai. Sebelum peristiwa Tsunami, kawasan Ujong Kareung ini merupakan komplek perumahan TNI/Polri. Hingga pada 26 Desember 2004, pantai ini menjadi saksi bisu betapa dahsyatnya Gelombang Tsunami menerjang kawasan Pantai Barat Aceh. Hingga saat ini, masih tersisa beberapa bangunan peninggalan tsunami yang dapat Anda lihat seperti Gedung Makorem 012/Teuku Umar dan mercusuar.

Aktifitas Pantai Ujong Kareung

Di lokasi ini para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja. Namun, di pantai ini juga para pengunjung dapat melakukan kegiatan lain, salah satunya seperti memancing. Di lokasi ini memang  pengunjung dapat menyalurkan hobi memancing. Jangan khawatir, di sini juga terdapat tempat penyewaan alat pancing.

Fasilitas Pantai Ujong Kareung

Selain itu bagi para pengunjung yang lupa tidak membawa bekal makanan, jangan khawatir. Karena di lokasi ini juga telah tersedia berbagai tempat makan ataupun cafe-cafe yang menawarkan berbagai jenis makanan serta minuman yang cukup menggugah selera. Menu makanan yang disediakan seperti mie kuah dengan bumbu khas Aceh, berbagai jenis makanan seafood, rujak buah, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati sendiri hasil tangkapan ikan dari memancing dengan membakar ikan tersebut di tepi pantai.

Tips Berlibur Ke Pantai Ujong Kareung

  • Jika ingin berlibur, persiapkan kondisi fisik serta kesehatan yang baik
  • Sebaiknya berkunjung ke lokasi ini pada saat cuaca cerah terutama pada sore hari. Di sini anda akan dapat melihat panorama matahari terbenam.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti
  • Bawalah perbekalan dan perlengkapan berlibur seperlunya saja
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada serta tidak membuang sampah sembarangan.
Source pantai ujong kareung aceh
Comments
Loading...