Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-lyPhFZ.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Pantai Solop Riau

0 121

Pantai Solop

Pantai Solop merupakan salah satu obyek wisata pantai yang banyak di kunjungi, khususnya  pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Pemerintah setempat menjadikan pantai ini sebagai  obyek wisata unggulan “Dondang Tandak”.

Pantai Solop ini merupakan destinasi unggulan yang ada di kawasan Indragiri Hilir karna kekhasan dari pantai ini, banyak sekali anak muda dari tembilahan melakukan wisata kepantai solop. Untuk dapat sampai ke tempat ini kita harus menggunakan transportasi laut, karena pantai solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan (ibukota dari Indragiri Hilir).

Kawasan Pantai ini setiap harinya dil alui oleh kapal ferry yang menghubungkan Pulau Batam dan Kabupaten Indragiri Hilir, termasuk Jambi dan Kuala Tungkal melalui Kuala Enok.

Keistimewaan

Pantai ini mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di dunia. Di sini terdapat kawasan rawa/lumpur yang berpasir putih yang terbentuk dari kulit kerang dan tumbuhan laut yang dibawa ombak ke tepi pantai. Keberadaan hutan mangrove yang mengelilingi Pantai Solop merupakan hutan bakau terindah di Indonesia. Keindahan Pantai ini bertambah karena terdapatnya pulau-pulau kecil di seberang pantai. Pada sore hari pengunjung dapat menyaksikan keindahan terbenamnya matahari (sunset).

Lokasi

Pantai ini terletak di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Letaknya sangat strategis yakni di jalur pelayaran Tembilahan-Pulau Batam.

Akses

Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini, dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 90 menit, atau sekitar 20 menit dari Kecamatan Mandah.

Source wisata riau
Comments
Loading...