Objek Wisata Pantai Rancabuaya Jawa Barat

0 239

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai yang terdapat di kabupaten Garut. Saat ini pantai Rancabuaya mulai di kenal dan menjadi salah satu tujuan wisata pantai selatan di kabupaten Garut. Pantai ini berada di Kabupaten Garut dan berjarak kurang lebih 135 KM dari pusat kota Garut .

Secara administrative, Pantai Rancabuaya berbatasan dengan Desa Caringin di sebelah utara, dan dengan Samudra Hindia di sebelah barat . Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Indralayang, dan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya.

Lokasi Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya terdapat di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempatnya ada di pesisir selatan Garut, ada diantara Cidaun, pantai Santolo Pameungpeuk serta Pantai Karang Paranje. (Baca : Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Popular di Garut Selatan).

Fasilitas di Pantai Rancabuaya

Banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola demi kenyaman para pengunjungnya. Terdapat banyak hotel kecil dan villa yang bisa dipergunakan jika ingin beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan alam Pantai Ranca Buaya ini. Pengunjung yang ingin mendirikan tenda di kawasan pantai ini juga bisa dengan seizin pengelola pantai tentunya.

Fasilitas umum seperti lahan parkir dan toilet juga sudah memadai. Untuk memanjakan perut pengunjung, di pantai ini juga telah tersedia beberapa warung makan dengan gazebo-gazeo. Menu hidangan andalannya adalah masakan khas Jawa Barat khususnya Garut yang sudah dijamin kelezatannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya

Untuk masuk ke pantai ini tiketnya terbilang murah yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Itupun pada akhir pekan atau hari-hari besar lainnya. Untuk hari-hari biasa, tidak dipungut biaya alias gratis baik itu parkir maupun tiket masuknya. Pantai Rancabuaya ini dibuka untuk umum setiap hari.

Akses Lokasi Menuju Pantai Rancabuaya

Akses jalan menuju Pantai Rancabuaya cukup lancar serta mulus hingga gampang dijangkau. Tempat Pantai Rancabuaya terdapat Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa barat. Jarak dari Bandung yaitu sekitaran 167 km, sedang jarak dari pusat kota Garut yaitu 105 km, serta jarak dari Kecamatan Caringin yaitu 30 km. Tranportasi yang bisa dipakai untuk menuju ke pantai ini yaitu dengan memakai elf atau minibus jurusan Bandung – Bungbulang atau Terminal Guntur Garut – Caringin.

Rute perjalanan dapat melalui jalur Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya (+ 120 Km) atau dapat pula memakai jalur Bandung – Garut – Cikajang – Rancabuaya (+ 160 Km).

Bila membawa kendaraan sendiri, sahabat dapat berhenti sesaat di Kecamatan Pamulihan. Tepatnya di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan ada obyek wisata air terjun Curug Sanghyang Taraje yang begitu menakjubkan.

 

Source pantai rancabuaya jawa barat
Comments
Loading...