Objek Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat

0 171

Waduk Jatiluhur

Waduk  Jatiluhur merupakan  salah satu tempat wisata yang terletak  di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia . Waduk Jatiluhur adalah tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda.

Keindahan Waduk Jatiluhur

Keindahan Waduk Jatilu ini sangat menarik untuk di kunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Purwakarta tidak mengunjungi wisata waduk yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Waduk Jatiluhur  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Lokasi Waduk Jatiluhur

Lokasi  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur ? seperti yang tertulis di atas lokasi  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur  terletak di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia.

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat saya sarankan anda mencari dengan mengetik  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik Waduk Jatiluhur

Obyek Wisata Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.

Waduk Jatiluhur berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Bendungan itu di namakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis Compagnie française d’entreprise, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

Fasilitas Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur bisa di bilang sebuah wisata waduk yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
– Area Parkir kendaraan
– Mushola
– Kamar mandi / MCK
– Penginapan
– dan masih banyak lainya

Transportasi ke Waduk Jatiluhur

Bagi wisatawan asal kota purwakarta sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Waduk Jatiluhur dengan memakai kendaraan  pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat di Google Maps yang terpasang di smartphone anda.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : Bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat tersebut.

Tips Berkunjung ke Waduk Jatiluhur

Tips sebelum menuju ke tempat Wisata Waduk Jatiluhur, anda mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Dan jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Source waduk jatiluhur purawakarta
Comments
Loading...