Objek Wisata Danau Jempang Kalimantan Timur

0 297

Danau Jempang

Danau Jempang adalah danau terbesar di antara 76 danau lain yang terdapat di sepanjang tepian Alur Sungai Mahakam. Kedalaman danau ini mencapai 7-8 meter dengan beragam kekayaan Flora dan Fauna yang tumbuh di sekitar Danau. Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata kebangaan rakyat Kalimantan Timur berkat fenomena alamnya yang unik. Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang akan mengering sampai tampak seperti gurun pasir.

Danau Jempang merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan fenomena alam danau ini dan berbondong-bondong datang melihatnya. Untuk menuju ke Danau ini, wisatawan bisa menggunakan perahu ketinting, yaitu perahu Tradisional Masyarakat setempat, atau speedboat. Sepanjang perjalanan menuju Danau, wisatawan akan melewati perkampungan di tepi Sungai Mahakam yang masing memegang teguh kearifan lokal melalui cerminan rumah adat dan perilaku adat sehari-hari.

Akses

Untuk jalur atau akses menuju ke Danau Jempang  sangatlah mudah, dapat Anda tempuh dengan menggunakan Kendaraan Pribadi ataupun Angkutan Umum. Ada 2 alternatif rute yang dapat Anda pilih :

  1. Pertama, dari arah Barat. Dari Padang melewati Pariaman yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
  2. Kedua, dari arah timur. Dari Padang melewati Bukittinggi, kemudian melalui jalur berkelok-kelok yang populer disebut Kelok 44. Lama waktu yang ditempuh sekitar 3 jam perjalanan. Meskipun lebih jauh, namun pemandangan Danau Maninjau yang indah lebih dapat Anda nikmati dari jalur ini.

Lokasi

Danau Jempang merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini memiliki luas wilayah 15.000 hektare dengan kedalaman 7-8 meter

Fasilitas

Anda bisa berenang, berperahu, memancing, dan berfoto dengan keindahan alam Danau Jempang.Fasilitas di sekitar Danau Jempang cukup lengkap, terdapat Sepeda Air, Musholla/Masjid, Fasilitas Berenang, Restoran, Pusat oleh-oleh, Penginapan atau Hotel

Source danau jampang kalimantan timur
Comments
Loading...