Wisata Vihara Buddhagaya Watugong Kota Semarang

0 178
Wisata Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong, tempat ini  merupakan destinasi wisata dan sekaligus juga merupakan salah satu tempat ibadah umat Tionghoa di Semarang. Komplek Vihara Buddhagaya Watugong tersebut terdiri dari dua bangunan induk utama yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Dhammasala serta beberapa bangunan lain.

Lokasi Vihara Buddhagaya Watugong

Lokasi dari tempat ini juga terletak di Pudakpayung, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di depan Markas Kodam IV/Diponegoro.

Keindahan Vihara Buddhagaya Watugong

Bahan bangunan dari Vihara ini seperti ari genteng, aksesoris, air mancur naga serta air dan pantung ini di import seluruhnya dari negeri Cina.

Pagoda Budhagaya Watugong ini juga baru diresmikan pada tahun 2006 yang lalu meskipun bangunannya sudah ada sejak tahun 1957. Walaupun baru saja di buka dan belum lama, akan tetapi sudah sudah banyak menarik minat para  wisatawan, baik dari warga lokal maupun warga luar kota bahkan manca negara banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Selain bangunannya yang unik, beragam,dan sekaligus indah, vihara ini juga telah dinyatakan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI.  Yang paling terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasanya disebut juga dengan Pagoda Metakaruna.

Di komplek vihara ini para pengunjung juga akan menemukan cotege sehinggapengunjung. Tak hanya untuk agama non islam saja akan tetapi agama lain juga bisa untuk mengunjungi wisata yang satu ini,antara lain juga dapat mengunjungi tempat  seperti Pagoda Watu Gong dan Klenteng Sam Poo Kong.

Keunikan Vihara Buddhagaya Watugong

Warna dari bangunan ini didominasi oleh warna merah dan kuning, membuatnya terlihat sangat megah dan sangat unik. Pagoda dengan 7 tingkat dan berketinggian kurang lebih 45 meter yang juga dikenal dengan sebutan  Pagoda Gong. Hampir semua bangunan dari Pagoda Watu Gong ini dibangun dari beton. Sehingga bangunan ini sangat kokoh dan kuat.

Di saat pertama kali memasuki kawasan Vihara para pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah, ditambah dengan suasananya yang terlihat sangat nyaman karena selalu dirawat dan dijaga dengan baik. Tidak sedikit yang mengunjungi tempat ini, apalagi bila libur tiba maka tempat ini padat oleh para pengunjung.

Source Wisata Vihara Buddhagaya Watugong Kota Semarang Wisata Vihara Buddhagaya Watugong Kota Semarang
Comments
Loading...