Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-8kAoSS.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Waduk Mulur Sukoharjo Jawa Tengah

0 296
Waduk Mulur Sukoharjo

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu waduk yang sangat terkenal ini? Waduk ini disebut dengan nama Waduk Mulur yang terletak di Desa Kenep, Kelurahan Combongan, Kabupaten Sukoharjo. Letaknya terbilang cukup dekat dengan pusat kota, bisa ditempuh juga dengan motor pribadi,sehingga akses ke temptatnya sangat mudah. Konon ceritanya, Waduk ini dibangun pada masa penjajahan yang terjadi pada waktu itu.

Sejarah Waduk Mulur Sukoharjo

Waduk Mulur merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang saat ini masih tetap berfungsi dengan baik sebagai cadangan air untuk pengairan di wilayah Sukoharjo. Walaupun pernah direnovasi pada tahun 1998 waduk  Mulur tidak meninggalkan kesan produk kolonial Belanda dan masih tetap terjaga bentuk aslinya. Ketika Waduk Mulur dibuat wilayah ini masih dalam wewengkon atau perdikan dari Kraton Surakarta Hadiningrat yang dibuktikan dengan adanya prasasti yang masih terjaga di Pintu air utama Waduk Mulur.

Setelah kemerdekaan RI otomatis hak kepemilikan Waduk Mulur menjadi milik negara Reupblik Indonesia, namun saat ini pengelolaan Waduk Mulur masih belum jelas sehingga Waduk Mulur tampak terbengkalai dengan tidak adanya penataan fasilitas umum. Menurut sumber yang bisa dipercaya saat ini pengelolaan secara fisik menjadi tanggung jawab PU namun hanya sebatas menjaga aset-aset fisik semata dan bukan berkewenangan penuh atas pengelolaan secara finansial.
Sungguh sangat di sayangkan jika aset semegah Waduk Mulur tidak bisa berdandan elok dan menjadi destinasi wisata tingkat daerah sedangkan nama waduk Mulur sudah masuk dalam tujuan memancing tingkat nasional.

Aktivitas Ekonomi di seputar kawasan Waduk Mulur Sukoharjo
Sebagai salah satu tempat publik, Waduk Mulur memberikan sumbangsih yang besar terhadap masyarakat sekitar di sektor ekonomi. Jika bebrapa tahun silam sebelum waduk Mulur kembali di gunakan sebagaimana mestinya Waduk Mulur hanyalah sebagai lahan pertanian, namun kini Waduk Mulur lebih menggeliat sebagai obyek wisata air di wilayah Sukoharjo.
Salah satu kegiatan ekonomi yang dijalani masyarakat sekitar adalah sebagai nelayan yang mencari nafkah dengan memanfaatkan ikan tangkapan untuk dijual. Antara lain ikan nila,patin, wader, udang dan juga ikan gabus yang banyak ada di Waduk Mulur. Selain itu juga warga sekitar membuka warung makanan, warung jajan dan bahkan rumah makan ikan bakar. Tentunya ini sangat menggairahkan perekonomian warga sekitar yang mendapatkan manfaat langsung dari perbaikan Waduk Mulur. Selain itu banyaknya wisatawan mancing juga menyediakan lapangan kerja bagi warga sekitar untuk menjual alat pancing, umpan juga dagangan keliling.
Fasilitas di Waduk Mulur Sukoharjo

Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat olahraga. Terdapat fasilitas untuk pengunjung yang ingin mencoba panahan atau tenis. Ada juga area untuk outbond. Tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk kawasan ini.

Sehingga hal ini juga melatarbelakangi daya tarik pengunjung untuk datang ke wisata ini.Bagi para pecinta olahraga mereka bisa liburan sambil berolahraga ,sehingga tubuh selama melakukan perjalanan wisata tetap bugar.

Selain dari birunya air di bendungan yang satu ini hamparan hijaunya pepohonan juga melengkapi liburan para pegunjung.Kebanyakan para pengunjung makan di pinggir waduk sehingga terasa lebih lengkap yaitu dilengkapi dengan sejuknya dan hembusan angin yang sepoy-sepoy menyejukkan.

Source Wisata Waduk Mulur Sukoharjo Jawa Tengah situs berita wong solo
Comments
Loading...