Wisata Danau Poso Sulawesi Tengah

0 132

Danau Poso Sulawesi Tengah

Danau Poso merupakan salah satu objek wisata andalan Provinsi Sulawesi Tengah. Danau Poso terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. yang berada pada ketinggian 657 mdpl ini termasuk danau terbesar ke-3 di Indonesia. Danau ini membentang dari Utara ke Selatan sepanjang 32 km dan lebar 16 km dengan kedalaman sekitar 360 m di bagian selatan dan 510 m di bagian utara. Danau ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona, udara yang sejuk, hamparan pantai pasir putih yang berkilau, serta lereng gunung dan hutan di sekitarnya.

Keindahan Danau Poso

Keistimewaan yang di miliki Danau Poso adalah airnya yang sangat jernih hamparan pasir yang terdapat di tepi danau terdiri dari 2 warna  yaitu putih dan kuning keemasan. Saat berada di tepi danau, Anda akan merasakan suasana seperti berada di pantai. Di tepian danau, tampak ikan-ikan kecil berenang di antara gulungan ombak yang menyapu. Ombak yang terdorong oleh hembusan angin tersebut meninggalkan buih putih di tepian danau, hampir sama dengan pantai. Bedanya, di sepanjang tepi danau ini tidak terdapat batu karang. Justru karena kondisi demikian, danau ini sangat cocok untuk berenang.

Setiap minggu ke-4 pada bulan Agustus, Anda dapat menyaksikan Festival Danau Poso. Dalam festival tersebut di pertontonkan berbagai perlombaan, seperti pagelaran tarian dan bisana adat dari berbagai suku di Sulawesi Tengah, permainan tradisional, lomba lagu daerah, pemilihan Putri Danau Poso, Pertandingan bola voli pasir, lomba perahu hias, perahu dayung, tarik tambang di atas perahu, serta pameran produk unggulan daerah Sulawesi Tengah.

Akses Danau Poso

Danau Poso relatif mudah di capai karena berada di dekat Lintas Trans Sulawesi, jalur yang menghubungkan Toraja-Poso-Gorontalo-Manado. Danau Poso terletak di sekitar 285 Km sebelah tenggara Kota Palu Danau Poso dapat di capai dari Kota Palu dengan menggunakan kendaraan darat atau angkutan umum sekitar 8 jam perjalanan. Danau Poso juga berada sekitar 56 Km sebelah selatan Kota Poso. Dari Kota Poso, Danau Poso dapat di capai dengan menggunakan kendaraan darat atau angkutan umum sekitar 1,5 jam perjalanan.

Lokasi Danau Poso

Lokasi Objek Wisata Danau Poso ini terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini terletak sekitar 283 km dari Palu atau sekitar 56 km dari Poso. Dari Palu dapat Anda tempuh selama 8 jam. Sementara dari Poso, Perjalanan hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Fasilitas Danau Poso

Di sekitar Danau Poso tersedia berbagai macam fasilitas, seperti hotel, losmen, home stay, dan rumah makan. Salah satu menu utama yang di sajikan di warung-warung makan tersebut adalah masakan khas suku Pamona yang di sebut dengan arogo, yakni ikan danau yang rasanya sangat gurih sayang untuk tidak mencicipi.

Trasportasi ke Danau Poso

Jarak Danau Poso dari arah selatan kota Palu adalah sekitar 283 km dan 56 km dari Kota Poso. Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dengan estimasi waktu tempuh 8 jam dan 1,5 jam dari Kota Poso. Danau Poso terletak di rute jalur utama dari Toraja bagian selatan, Gorontalo dan Manado di bagian Utara.

Tips ke Danau Poso

Waktu berkunjung terbaik adalah pada bulan Oktober hingga Aptil, saat itu air Danau Poso nampak sangat jernih dengan hamparan pasir putihnya. Untuk Anda yang hobi berenang, siapkan peralatan dan baju renang Anda. Karena godaan air jernih Danau ini akan mengusik siapapun yang berkunjung ke sana. (HM)

 

Source danau poso sulawesi tengah
Comments
Loading...