Danau Towuti Sulawesi Selatan

0 242

Dananu Towuti

Danau Towuti merupakan danau indah yang di kelilingi bukit dan pegunungan. Dengan luas permukaan mencapai 561,1 km persegi, Danau Towuti tercatat sebagai danau terbesar di Sulawesi dan terbesar ke-2 di Indonesia. Kelebihan Danau Towuti terletak pada pemandangan alamnya yang indah, khususnya pada waktu matahari terbit.

Keindahan Danau Towuti

Lukisan alam yang sungguh menakjubkan. Belum lagi suasana sejuk yang semilir berhembus di tempat ini seakan menghipnotis para pengunjung untuk berlama-lama menikmati pemandangan yang ada. Di tempat ini, Anda juga bisa menemukan kurang lebih 14 jenis ikan tawar endemik Sulawesi, salah satunya Hydrosaurus Amboinensis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Buat Anda yang mempunyai hobi memancing bisa menyalurkan hobi Anda di sini. Terlebih, di tempat ini juga terdapat dermaga yang cukup panjang, tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu sambil memancing. Adanya dermaga ini bukan hal yang kebetulan. Dermaga ini memang sengaja di bangun karena tempat wisata menarik ini juga di jadikan sebagai jalur penyeberangan dari Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Tenggara.

 

Sejarah Singkat Danau Towuti

Asal mula Danau Towuti ini terbentuk dari patahan (strike-slip fault) akibat aktivitas tektonik yang terjadi pada masa Pleosen. Umur danau ini diperkirakan sekitar 1-4 juta tahun yang lalu. Berdasarkan analisa endapan, danau Towuti merupakan danau tertua ke dua diantara empat danau lainnya yang membentuk system danau Malili (Towuti,Mahalone, Lontoa dan Masapi). Dengan keunikan danau beragam hayati yang sangat endemis membuat Danau Towuti dimasukkan dalam kategori Global Ecoregions.

Kondisi air Danau Towuti sangat terjaga kelestariannya hingga saat ini airnya sangat jernih sehingga bisa untuk berkaca, kondisi air Danau Towuti sangat dalam kaya dengan kandungan besi tetapi minim kandungan oksigen oleh banyak peneliti dianggap memiliki kondisi yang sama dengan laut bumi pada masa Arhaean Eon sekitar 2,5 juta tahun yang silam.

Flora yang ada di Danau Towuti ini merupakan jenis anggrek epifit di pepohonan dan Pohon Macadamia Hildebrandi tumbuhan pinang-pinang (Hydriastele). Fauna yang berada di Danau Towuti ini seperti spesies kepiting (Gecarcinucidae), spesies udang dan spesies ikan bersirip tajam, yang sangat dicari oleh masyarakat sekitar ikan Butini yang hidup di dasaran danu, ikan ini termaksud ikan hias yang di perdagangkan dengan harga yang pantastik.

Lokasi Danau Towuti

Danau Towuti ini terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia, Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan dengan rute Makasar – Parepare – Palopo – Masamba – Malili – Timampu – TWA – danau Towuti. Untuk kondisi jalan relative bagus bila ditempuh sekitar memakan waktu 12 jam.

Source danau towuti sulawesi selatan
Comments
Loading...