Objek Wisata Danau Situ Gunung Sukabumi

0 154

Danau Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung adalah nama danau yang berada di dataran tinggi di Sukabumi. Danau ini berada pada ketinggian sekitar 850 mdpl terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Danau Situ Gunung adalah danau buatan seorang bangsawan Mataram yang bernama Rangga Jagad Syahadana alias Mbah Jalun. Danau ini di buat sebagai wujud syukur atas kelahiran anaknya. Nama Danau Situ Gunung sendiri di pilih karena danau ini ada di gunung. Saking indahnya, jika di lihat dengan mata telanjang pasti tidak menyangkanya kalau danau ini danau buatan.

Perjalanan menuju danau cantik ini bisa di tempuh dengan kendaraan dan parkirlah di area yang telah di sediakan. Setelah itu, lanjutkan dengan jalan kaki sekitar 150 meter menuju danau. Sesampainya di sana, kamu akan di sambut kicauan burung-burung yang merdu.

Fasilitas Danau Situ Gunung Sukabumi

Fasilitas di Situ Gunung juga cukup lengkap, selain bersantai dan berkeliling menggunakan perahu, di kawasan Situ Gunung juga terdapat tempat outbond, jadi bagi kamu yang menyukai kegiatan seru, cobalah outbond di Situ Gunung bersama teman atau keluarga

Tak hanya itu, di kawasan Situ Gunung juga terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di area ini, bisa dengan membawa peralatan sendiri atau dengan menyewa tenda yang sudah disediakan, namun tentunya harga sewa akan jauh lebih mahal daripada kamu membawa peralatan sendiri. Di kawasan Situ Gunung sudah terdapat Villa dan losmen yang bisa kita sewa.

Lokasi Danau Situ Gunung Sukabumi :

  • Alamat ; Sukamanis, Kecamatan Kadu Dampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 18 km dari pusat kota Sukabumi melalui Jl. Mancagar (52 menit dengan perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Harga Tiket Masuk di Situ Gunung :

Harga tiket tidak berkemah Rp. 11.000*/orang/hari
Harga tiket jika berkemah Rp. 12.500*/orang/hari
Harga tiket rombongan minimal 10 orang Rp. 8.000*/orang

Tambahan: harga flying fox Rp. 25.000*/orang dan perahu sampan Rp. 20.000*/orang

Rute Menuju Situ Gunung

Untuk sampai di tempat tujuan, ada dua cara, yaitu menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum, bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa mengikuti rute Jakarta – Bogor – Sukabumi, atau Bandung – Cianjur – Sukabumi.

Nah, bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik kereta dari Bogor, sudah terdapat kereta api yang berangkat dari Bogor menuju ke Sukabumi, namanya KA Pangrango, kamu harus turun di Stasiun Cisaat Sukabumi lalu melanjutkan perjalanan menuju Situ Gunung menggunakan angkutan umum.

Tips Saat Berlibur Ke Situ Gunung :

  • Datanglah saat pagi hari karena udara masih cukup segar dan sinar matahari tidak terlalu terik, selain itu belum banyak pengunjung yang datang, jadi kamu bisa puas berkeliling.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor agar kamu terhindar dari macet, namun sebelum itu persiapkan motor kamu dengan baik karena jalur yang akan dilewati merupakan jalur naik turun dan berkelok-kelok.
  • Apabila kamu ingin camping, disarankan untuk membawa perbekalan logistic sendiri, karena tidak ada tempat penjual makanan dan peralatan camping disini.

 

Source situ gunung sukabumi
Comments
Loading...