Objek Wisata Danau Rawa Pening Semarang

0 108

Danau Rawa Pening Semarang

 

Rawa Pening adalah tempat wisata air terletak di Ambarawa. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.

Daya tarik di Rawa Pening

Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Di tengah tengahnya banyak sekali tumbuh enceng gondok yang hampir menutupi seluruh permukaannya sebagian menjadi tempat mencari ikan. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. Usaha mengatasi spesies invasif ini di lakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalam kerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi. Saat menyewa perahu motor ke tengah rawa terasa sekali aura mistis dan misteriusnya. Namun sayang, segala potensi yang ada kurang bisa tergali karena pengelolaan yang terkesan seadanya.

Lokasi Rawa Pening Semarang

Wisata Rawa Pening terletak di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah jalan yang di gunakan sebagai jalur perjalanan antara Yogyakarta dan Semarang. Sekitar 34 km dari Pusat Kota Semarang atau dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari Kota Semarang.

Akses Rawa Pening Semarang

Akses ke tempat ini sangat mudah di jangkau karena berada di pinggir jalan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Waktu tempuhnya sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Semarang.

Fasilitas Rawa Pening Semarang

Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata populer di ambara sejak di bukanya pada bulan agustus tahun 2012. Kampung rawa juga menyediakan beberapa Fasilitas unik seperti  wahana permainan bebek air, ATV, becak mini, perahu karet, serta wisata perahu mengelilingi Danau Rawa Pening juga tersedia di sini. Setiap wahana permainan tersebut tentunya di kenakan biaya. Untuk becak air biayanya sekitar Rp 15.000 untuk 15 menit dan ATV biayanya sekitar Rp 30.000 untuk 15 menit.restoran mengapung, pendopo, pusat kerajinan, tempat memancing dll.

Salah satu yang ikonik dari Rawa Pening yaitu adanya rumah makan kampung, sebuah restoran mengapung yang berisi 300 kursi di kampoeng rawa tersebut menghidangkan beberapa makanan khas indonesia seperti nasi goreng dan mie goreng dengan menggunakan bahan makanan produksi lokal, meliputi ikan lele, tilapia, dan gurame.

Harga Tiket Masuk di Rawa Pening Semarang

Kamu bisa berkunjung ke kampoeng wisata rawa mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam dengan membayar biaya sekitar Rp 2.500 per orang.

Source danau rawa pening semarang
Comments
Loading...