Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-aCTnFU.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Objek Wisata Danau Situ Gede Bogor

0 180

Objek Wisata Danau Situ Gede Bogor

Situ Gede adalah nama sebuah danau yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Setu adalah bahasa Sunda yang memiliki arti telaga atau danau. Situ Gede ini  memiliki Sebuah Telaga yang mempunyai luas kurang lebih sekitar 6 hektar. Para pengunjung yang datang kesini bisa naik perahu, memancing, atau hanya sekedar berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun juga cukup sering di gunakan sebagai sebuah lokasi untuk pembuatan film dan sinetron.

Lokasi Obyek Wisata ini berjarak sekitar 10 km jika dari pusat Kota Bogor, atau berjarak sekitar 3 km di sebelah utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebenarnya berdekatan, atau masih berada dalam satu lingkungan, dengan beberapa situ lain yang ada di dekatnya. Yaitu seperti Situ Leutik (yang sekarang sudah hilang), Situ Panjang, dan juga Situ Burung. Yang terakhir ini lokasinya berada di Desa Cikarawang, Kec. Dramaga, Kab. Bogor.

Sejarah Danau Situ Gede

Tempat wisata danau Situ Gede ini pertama kali di kembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai tujuan untuk pengairan ribuan hektar sawah para penduduk, di antaranya meliputi wilayah di Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan juga Cibeureum. Kemudian pada bagian tengah-tengah danau tersebut juga terdapat sebuah pulau. Selain itu juga terdapat makam Eyang Prabudilaya, yakni beliau seorang tokoh penguasa pada masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat Tasikmalaya.

Alamat / Lokasi Danau Situ Gede

Danau Situ gede berlokasi di Jl. Cilubang Malang No.37, Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16115, Indonesia. Anda juga dapat berkunjung ke tempat ini dengan memanfaatkan maps dengan titik koordinat 6° 33′ 3″ S, 106° 44′ 30″

Rute Menuju Danau Situ Gede

Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum sebagi alat transportasi menuju ke Danau Situ Gede maka anda dapat menaiki angkot 3 jurusan Baranangsiang – Bubulaak dari terminal Baranangsiang. Setelah sampai di bubulauk lalu lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot 15 jurusan Situ Gede Bogor atau bisa juga dengan naik ojek. Bagi anda yang menggunkan kendaraan pribadi sebgai alat transportasi menuju tempat wisata ini maka anda dapat mengikuti panduan dengan maps dengan koordinat yang telah di tuliskan di bagain sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Danau Situ Gede

Untuk harga tiket masuk danau Situ Gede ini yaitu sebesar Rp. 4000 dan untuk Rp 2000 untuk anak anak. Di tamabah biaya parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2500 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Danau Situ Gede

  1. Gazebo
  2. Taman
  3. Masjin
  4. Parkir
  5. Area Perkemahan
  6. Toilet

 

Source situ gede bogor
Comments
Loading...