Wisata Danau Kelimutu NTT

0 118

Danau Kelimutu NTT

Danau Kelimutu merupakan salah satu danau yang tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di manca negara. Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Warna airnya yang berubah-ubah dan juga tempatnya yang berada di Puncak Gunung menawarkan keindahan yang eksotis yang tidak akan pernah di lupakan oleh para wisatawan yang datang ke tempat ini. Nama Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau yang terdiri dari 3 bagian ini memiliki nama dan warnanya masing-masing yang selalu berubah-ubah setiap waktu dan pada pertengahan April 2015 berubah warna untuk yang ke sekian kalinya:

  1. Danau Nuwamuri Ko’o Fai berubah warna biru menjadi putih susu.
  2. Danau Ata Polo yang berwarna hijau berubah menjadi merah.
  3. Danau Ata Bupu yang berwarna hitam berubah menjadi hijau.

Rute dan Lokasi Danau Kelimutu

Danau Kelimutu berjarak kurang lebih 83 km ke arah barat kota Maumere atau 51 kilometer arah timur dari Kota Ende. Banyak para wisatawan yang lebih suka datang ke Danau Kelimutu dari arah kota Ende karena lebih dekat dan juga karena rute penerbangan ke kota Ende jauh lebih banyak.

Danau Kelimutu, dari arah manapun Anda, maka datanglah terlebih dahulu ke pulau Flores. Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan transportasi darat, udara dan laut. Tapi saya sangat merekomendasikan Anda untuk pergi ke pulau Flores dengan menggunakan pesawat atau kapal laut saja karena jika menggunakan bis bisa lebih lama dan lebih melelahkan.

Jika menggunakan pesawat, maka Anda bisa menggunakan rute penerbangan dari Surabaya – Kupang – Ende atau bisa juga menggunakan rute Surabaya – Denpasar – Ende. Sedangkan jika menggunakan kapal laut, maka sebaiknya menggunakan kapal Dharma Lautan Utama dari Surabaya – Maumere yang biasanya memakan waktu kurang lebih 3 hari 2 malam. Setelah sampai di Ende atau Maumere, maka Anda bisa menggunakan travel jurusan Ende-Maumere dan turun di desa Moni. Dari desa Moni, Anda tinggal naik ojek sampai ke tempat parkir Danau Kelimutu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

  1. Jam Buka Danau Kelimutu
    Sebenarnya objek wisata Danau Kelimutu di buka 24 jam karena tempat ini merupakan objek wisata Gunung seperti Gunung yang lain yang dapat di daki kapanpun. Namun, karena jarak trekkingnya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak ada wisatawan yang menginap di atas.
  2. Harga Tiket Masuk
    Harga tiket masuk Danau Kelimutu adalah sekitar Rp.3000,- pada weekday dan Rp.5000,- dan ada asuransinya. Pada weekend dan hari libur nasional.

Fasilitas Umum di Sekitar Danau Kelimutu

  1. Penginapan
  2. Rumah Makan
  3. Area Parkir
  4. Toilet Umum

Tips Berwisata di Danau Kelimutu

  1. Sebaiknya berangkat pagi hari sekitar pukul 3 dini hari agar Anda bisa menikmati keindahan terbitnya matahari di puncak Danau Kelimutu;
  2. Suhu udara di objek wisata ini cukup dingin di pagi hari, jadi pastikan Anda membawa pakaian hangat seperti jaket atau jumper dan juga penutup kepala;
  3. Jika Anda berencana naik pada pagi dini hari, pastikan Anda membawa senter tangan untuk penerangan jalan atau akan lebih baik lagi jika senter kepala sehingga Anda tidak di repotkan untuk membawanya;
  4. Jika Anda menginap di penginapan di desa Moni, sebaiknya membawa lotion anti nyamuk agar Anda bisa tidur dengan tenang.
Source wisata NTT
Comments
Loading...