Wisata Danau Tamblingan

0 120

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan danau yang paling kecil dengan luas kurang lebih 1,15 kilometer persegi dan memiliki kedalaman sekitar 23 meter. Pemandangan dan suasana di sekitar Danau Tamblingan terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danauini sangat menggoda wisatawan yang berlibur untuk datang mengunjunginya, keindahan dan keasrian alam di kawasan danau memang sangat terjaga, menjadikan siapapun tertarik untuk berkunjung. Danau Tamblingan sendiri terletak di kaki Gunung Lesung, menjadikan udara di kawasan danau cukup sejuk dan segar.

Sejarah Danau Tamblingan

Tamblingan di ambil dari kata “tamba” yang berarti obat dan ‘elingan” yang berarti kemampuan spiritual, menurut cerita pada zaman dahulu kala di kawasan desa sekitar danau terjadi wabah penyakit epidemi, yaitu sebuah penyakit yang menyerang manusia dan dapat menular dengan cepat.

Hingga akhirnya seseorang di desa tersebut yang di sucikan turun ke danau untuk mencari obat, beliau mengambil air dari Danau Tamblingan di sertai doa yang di bacanya hingga akhirnya penduduk desa bisa sembuh dengan meminum Air Danau tersebut.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Danau Tamblingan dan Buyan adalah turis asing yang menggunakan kendaraan sendiri/menyewa, namun seiring terkenalnya Danau Tamblingan kini banyak juga wisatawan lokal yang datang berlibur kesini.

Danau Tamblingan juga biasa di gunakan fotografer untuk melakukan foto prewedding lho, jadi apabila kamu mencari tempat sebagai background prewedding di Bali selain pantai tegalwangi, uluwatu dan GWK yang sudah terlalu mainstream, kamu bisa mencobanya di Danau Tamblingan.

Danau Tamblingan sudah tersedia warung makanan, jadi kita bisa bersantai melihat pemandangan sembari menyantap makanan, lokasi ini juga sangat cocok untuk berkemah, apabila kamu ingin menginap namun tidak memiliki budget cukup, cobalah untuk mendirikan tenda di sekitar kawasan danau, selain lebih seru kita juga bisa lebih dekat dengan alam.

Rute Menuju Wisata Danau Tamblingan

Untuk akses menuju danau, terdapat dua jalur yang bisa kita pilih, pertama adalah melewati Danau Bedugul, setelah melewati Danau Bedugul di sebelah kiri jalan akan terlihat gerbang yang bertuliskan Danau Buyan dan Tamblingan, jika melewati jalur pertama ini kita akan langsung sampai di pinggir danau.

Sedangkan untuk jalur kedua, dari Danau Bedugul lurus terus ke arah atas hingga bertemu pertigaan. Saat tiba di pertigaan, silahkan belok ke kiri. nah, jika melewati jalur kedua ini kita akan melihat pemandangan Danau Tamblingan dari atas.

Keindahan Danau Tamblingan 

Keindahan Panorama Danau Tamblingan yang memanjakan mata, terdapat pemandangan lain yang menarik perhatian, yaitu terdapatnya beberapa pura, diantara lain adalah pura dalem Tamblingan, endek, ulun danu, naga loka dan masih ada beberapa lainnya.

Setelah kita puas berkeliling menikmati panorama keindahan danau, saatnya bagi tubuh kita untuk santai dengan berendam di pemandian air panas di desa Banjar, yang hanya berjarak sekitar 20 km dari Danau Tamblingan.

Tips Saat Berlibur Ke Danau Tamblingan :

  • Datanglah saat pagi atau sore hari, maka suasana akan terasa lebih nyaman.
  • jangan membuang sampah sembarangan.
  • lokasi ini juga sangat cocok untuk berkemah.
  • untuk sensasi berbeda, cobalah naik perahu berkeliling danau.
  • bisa menjadi pilihan wisata alternatif bersama keluarga saat musim liburan dan weekend.

Lokasi :

  • Alamat; Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
  • 71 kilometer dari Kuta melalui Jl. Denpasar Singaraja (2 jam 8 menit)
  • 65 kilometer dari Denpasar melalui Jl. Denpasar-Singaraja (1 jam 50 menit)
  • 75 kilometer dari bandara Ngurah Rai melalui Jl. Denpasar-Singaraja (2 jam 17 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)
Source wisata bali
Comments
Loading...