​Pulau Tiga, Eksotisme Gugus Kepulauan Laut Natuna

0 22

Pulau Tiga

Pulau Tiga sebagai salah satu dari pulau yang berada di Kabupaten Nartuna memiliki banyak potensi dari berbagai aspek yang bisa dikembangkan sebagai tempat wisata untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Dari potensi yang dimilikinya bisa dijadikan sebagai daya tarik dan ciri khas dari pulau untuk wisatawan yang mengunjungi.

Potensi yang dimiliki oleh pulau dimulai dari potensi laut hingga darat. Dengan melimpahnya potensi yang dimiliki oleh pulau, penduduk mampu mengelolahnya dengan baik sehingga meningatkan ekonomi mereka. Kepulauan Riau sendiri memiliki banyak gugusan pulau dengan wisata bahari begitu indah dan alami sehingga menarik wisatawan agar berkunjung ke pulau. Begitu pula dengan Pulau Tiga, pulau ini juga tak kalah memiliki wisata bahari yang menunjang untuk wisatawan kunjungi.

Potensi Alam Pulau Tiga yang Mempesona

Didalam pulau terdapat wisata religi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan seperti makam-makam tua. Sedangkan untuk wisata lautnya bukan hal asing lagi jika Pulau Tiga memiliki wisata bahari yang begitu indah dan masih alami. Wisata laut menjadi daya tarik setiap wisatawan yang datang mengunjungi pulau di Kepulauan Riau, dengan terumbu karang yang berkembang secara alami ditambah dengan biota laut yang hidup didalamnya menarik wisatawan untuk melihat dan menikmatinya secara langsung dengan snorkeling maupun diving. Sedangkan untuk penduduk sendiri memanfaatkan potensi laut yang ada dengan menjadikan sebagai tempat budidaya ikan. Pulau ini dikenal sebagai pulau dengan penghasil ikan terbesar selain dari nelayan tetapi juga dari budidaya ikannya.

Berwisata Sambil Mengenal Sejarah

Pulau Tiga menjadi bagian dari Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memiliki 10 desa didalamnya. Pulau ini terletak disebelah barat dari Pulau Bunguran tetapi sebagaian besar dari pulau juga terpisah dari Pulau Bunguran. Pulau Tiga terdiri dari pulau-pulau agak besar hingga kecil salah satunya adalah Pulau Sabangmawang. Pulau ini juga memiliki potensi abadi dimana letak geografisnya sangat menguntungkan untuk penduduk dengan dikelilinginya pulau oleh pelaut lokal maupun internasional. Selain itu penduduk juga membudidayakan Ikan Napoleon dan Ikan Kerapu untuk mendongkrak ekonomi penduduknya.

Pulau Tiga dikenal sebagai pulau dengan penghasilan ikan terbesar dengan mayoritas penduduknya sebagai nelayan dan juga memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan membudayakan ikan. Selain itu ikan yang sudah terkumpul akan dijual hingga keluar daerah seperti Karimun dan Tanjung Pinang, bahkan hingga dijual ke Cina dan Hongkong. Selain itu pulau ini juga dalam proses pengembangan dan pembangunan dermaga untuk memudahkan penduduk terutama nelayan.

Dengan membangung pelabuhan besar bersekala nasional yang akan diletakan di Selat Lampa dengan nama Pelabuhan Ikan Terpadu. Menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Tiga tidak hanya dengan snorkeling dan diving untuk menikmati terumbu karang dayang masih alami dengan biota lautnya namun wisatawan juga bisa menikmatinya dengan melihat proses pembudidayaan ikan di pulau ini. Setidaknya wisatawan juga bisa berjalan dan berkeliling wisata religi yang ada di sekitar pulau.

Daya Tarik Pulau Tiga

Dengan potensi laut dan darat yang dimiliki oleh Pulau Tiga, wisatawan dapat mengabadikan setiap moment yang mereka lewati saat liburan berkunjung ke pulau dalam sebuah foto. Setiap foto akan menjadi kenangan untuk wisatawan karena telah menjejakkan kakinya pada Pulau Tiga. Dimulai dengan wisata bahari yang dimiliki oleh pulau dan juga tempat pembudidaya ikan juga bisa menjadi tempat untuk diabadikan. Selain itu pantai yang dimiliki juga bisa menjadi tempat untuk berfoto dengan pasir putih dan jernihnya air laut. Wisata kerajian yang dimiliki juga turut andil untuk bisa diabadikan saat wisatawan ikut membut kerajinan khas dari pulau.

Akses Menuju Pulau Tiga

Untuk sampai Pulau Tiga maka wisatawan harus melawati jalur laut, mengingat pulau ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang ada di Kepulauan Riau. Dengan menggunakan perahu kecil atau yang biasa disebut dengan pompong wisatawan sudah bisa sampai dengan waktu 15 sampai 30 menit dengan biaya Rp 10.000 per orang.

Tips Berwisata ke Pulau Tiga

Pulau Tiga meskipun menjadi salah satu dari pulau wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Natuna, wisatawan masih perlu untuk menjaga sikap mengingat terdapat penduduk yang tinggal di pulau tersebut. Selain itu wisatawan juga harus menggunakan pakaian yang pantas dan sopan saat berkunjung. Pakaian yang dapat dengan mudah menyerap keringat sebaiknya digunakan mengingat banyaknya kegiatan yang akan dilewati oleh wisatawan selama berada di Pulau Tiga. Membawa kacamata dan topi untuk wisatawan yang akan menghabiskan waktunya menikmati pantai sangat disarankan.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Tiga
Comments
Loading...