Wisata Alam Curug Kuwung Indah Mempesona Pekalongan

0 28

Curug Kuwung Indah

Curug Kuwung Indah merupakan salah satu wisata alam uang memiliki keindahan yang tiada duanya ini berada di Pekalongan. Curug Kuwung Indah ini berada di Desa Karanggondang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.

Air terjun yang memiliki ketinggian 55 meter ini namanya Curug Kuwung Indah. Kini, keindahannya mulai menjadi buah bibir masyarakat, khususnya para pecinta alam. Sebab, curug yang berada di antara hamparan hutan ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat alami.

Akses Menuju Curug Kuwung Indah

Untuk menuju lokasi curug, pengunjung harus mulai menyusuri jalan setapak yang menanjak dengan tangga-tangga alami untuk mencapai lokasi air terjun. Setiap langkah menuju lokasi, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perbukitan nan hijau. Apabila capek, jangan khawatir, sejumlah warung sudah tersedia di sepanjang jalan menuju lokasi curug, sehingga pengunjung dapat sejenak makan atau minuman sambil istirahat, sebelum meneruskan perjalanan kembali.

Yang mengasyikkan dalam perjalanan menuju Curug Kuwung Indah, pengunjung juga akan disuguhi sensasi menyeberang jembatan gantung dari bambu di atas jurang sedalam sekitar 50 meter, sebelum sampai di curug. Butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan dari parkir bawah menuju lokasi Curug Kuwung Indah. Seperti namanya, air terjun tersebut memang indah. Terlihat pemandangan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 55 meter. Suara yang ditimbulkannya pun cukup keras. Namun tak banyak Pengunjung yang berani mandi atau bermain air tepat di bawah jatuhnya air.

Fasilitas  Curug Kuwung Indah

Beberapa warga membuka warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung. Ada pula yang menyediakan MCK. Para pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) juga mengelola parkir di lokasi wisata yang hasilnya digunakan untuk penambahan fasilitas di kawasan wisata. Mereka juga menjual souvenir berupa kaos Curug Kuwung Indah di parkir bawah. Agar lebih bervariasi, mereka juga akan menyediakan hasil dari Lebakbarang lainnya seperti gula aren, madu hutan, keripik pisang, serta kerajinan sapu glagah. Untuk meramaikan kawasan wisata Curug Kuwung Indah, pemuda Desa Karanggondang juga mengadakan lomba foto atau foto selfie dengan lokasi pengambilan foto di curug dan lokasi lainnya seperti di jembatan bambu dekat curug.

Source wisata Radar Semarng

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.