Obyek Wisata Sejarah Museum Aksara Jember

0 14

Museum Aksara Jember

Museum Aksara merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di bagian Timur, Jawa Timur. Rabu, 30 Agustus 2017 menjadi moment penting dalam per museuman di Jember. Telah diresmikan museum huruf yang di gagas oleh Ade Permana (Aktivis Museum). Museum huruf ini dibentuk atas dasar keperhatianya dengan edukasi melalui museum.

Seperti yang diungkapkan oleh Ade Permana penggagas museum huruf melalui sambutan peresmian lalu, bahwa “Jember melimpah sumberdaya nya. Tergantung sumberdaya manusia yang mengatur, lewat museum ini sebagai media pembelajaran dan menjadi orang Indonesia sesungguhnya” perlu diketahui, melalui museum aksara ini menampilkan peradaban aksara di dunia sampai sekarang.

Lokasi Museum Aksara Jl. Bengawan Solo No.27, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, selain adanya museum aksara lokasi juga berdekatan denga cafe yang juga di gunakan sebagai tempat berdiskusi. Sudah terpajang berbagai koleksi museum yang dipamerkan. Koleksi ini merupakan replika dari berbagai macam aksara di peradaban.

Di ungkapkan juga oleh Erik, pelaku seni di museum aksara yang juga membantu Ade Permana dengan tim yang sudah menggagas museum aksara ini lebih dari satu tahun.Terbentuknya museum ini juga atas jalin kerjasamanya dengan beberapa pemerhati perpustakaan dan komunitas di Jember, seperti komunitas kopi paralayang.

Kepala Perpustakaan kopi dan tembakau, serta dihadiri perwakilan perpustakaan dan kearsip Pemerintah Kabupaten. Pada kesempatan peresmian museum tembaku. Bupati Jember Dr.Faida MMR, juga memberikan sambutan yang diwakilkan oleh kepala perpustaan dan kearsipan Pemerintah Kabupaten, yang mengungkapkan “museum huruf ini memiliki arti dan makna yang luar biasa. Tulisan maknanya bagi kehidupan bangsa, sekiranya bisa dipelihara yang indah dan bermakna. Sebagai sarana kreatif yang mencerdaskan. Kelak anak cucu dan mendoakan karena telah di warisi hal yang luar biasa.

Bahwa museum dan perpustakaan huruf perlu dijaga dan dimanfaatkan” . Manfaat dan tujuan dari berdirinya museum aksara mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan, dan dapat dilihat dari kedatangan elemen seperti mahasiswa, pegawai pemerintahan dan komunitas.

Serta di ungkapkan juga oleh Ade Permana penggagas museum aksara kepada GenBI (Generasi Baru Indonesia) melalui wawancaranya, sebagai pemuda-pemudi, bahwa perlu adanya kerjasama bersama kedepanya dan dapat memanfaatkan museum aksara ini sebagai tempat mendapatkan ilmu. Serta menjadikan museum aksara ini sebagai destinasi edukasi bagi kalangan berbagai usia.

Source https://genbijember.org https://genbijember.org/artikel/post_artikel/2017-09-02-07-41-26-museum-aksara-jember.html
Comments
Loading...