Destinasi Wisata Taman Nasional Meru Betiri di Jember

0 5

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang terletak di Kabupaten Pesanggaran, di wilayah Banyuwangi dan Jember, Provinsi Jawa Timur. Obyek wisata ini adalah konservasi alam dengan keajaiban alam yang menakjubkan, terikat di wilayah seluas 580 km persegi.

Taman Nasional masih melestarikan spesies satwa langka dan terancam punah, seperti bunga zollingeriana Rafflesia yang menakjubkan dan tupai terbang Jawa. Ini juga memiliki area seluas 8,54 km persegi, dengan pantai yang masih asli dalam irama alam, bersembunyi di luar hutan hujan hijau subur di taman luas.

Pantai Sukamade adalah tempat bersarang yang tenang untuk spesies penyu yang terancam punah seperti penyu belimbing, penyu sisik, dan penyu hijau.

Saksikan kejadian alam yang menakjubkan dari kura-kura laut yang bertelur di sini pada malam hari. Atau, ikut mengawal kura-kura bayi kembali ke laut bebas setelah meluangkan waktu di fasilitas pemuliaan setempat yang memperhatikan kesejahteraan awal mereka.

Di tempat ini anda juga bisa menemukan berbagai macam flora yang tidak bisa anda temukan di sembarang tempat seperti Raflesia Zollingeriona, Balanphora Fungosa, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Untuk satwa juga anda tidak hanya bisa menyaksaikan penyu saja, namun kucing hutan, trenggiling, landak, beberapa jenis monyet, bahkan harimau jawa juga ada di sana.

Rute Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Rute menuju ke Taman Nasional: Ambulu-Curahnongko-Bandealit selama tiga jam (31 km), Jajag-Sarongan-Sukamade selama tiga jam (60 km), Surabaya-Jember-Ambulu selama lima jam (225 km) dan Surabaya-Banyuwangi-Jajag dengan waktu tempuh enam jam (342 km).

Beberapa jalan menuju lokasi mungkin bergelombang dan membutuhkan pemandu berpengalaman dengan kendaraan penggerak 4 roda untuk manuver jalur kasar. Jember – Surabaya juga bisa dilalui dengan kereta api atau angkutan umum. Angkutan umum bervariasi dalam bentuk sepeda motor ojek, minibus bemo, bus besar atau truk harian. Jika Anda lebih memilih kenyamanan ekstra, pesanlah untuk tur pribadi dari situs perjalanan terpercaya untuk mengantarmu ke liburan bebas kerumitan.

Harga Tiket Taman Nasional Meru Betiri

Jam buka dari Taman Nasional Meru Betiri sendiri yaitu dimulai dari jam 08.00 pagi wib, sampai dengan 17.00 sore wib. Bagi anda yang ingin bisa lebih lama menikmati kekayaan flora dan fauna di taman ini disarankan untuk datang pagi supaya anda bisa leluasa berjalan-jalan. Untuk harga tiket masuknya dibedakan, bagi wisatawan lokal cukup membayar 2.000 rupiah per orang sedangkan 150.000 rupiah per orang bagi wisatawan asing.

Source https://www.tempat.co.id https://www.tempat.co.id/wisata/Taman-Nasional-Meru-Betiri
Comments
Loading...