Curug Batu Templek Wisata Alam Bandung Jawa Barat

0 28

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek adalah sebuah wisata alam air terjun yang berada di kota Bandung. Jika dibandingkan dengan wisata alam air terjun yang ada di sekitaran Bandung, Curug Batu Templek ini sangatlah unik karena memiliki pemandangan alam yang penuh dengan tebing berbatu cadas. Alasan kenapa air terjun ini dinamai sebagai Curug Batu Templek, karena ditempat ini terdapat penambangan batu, dan batu yang ada ditambang ini mayoritas berbentuk persegi panjang datar/templek. Dan ditempat ini pula terdapat sebuah tebing batu cadas yang terdapat aliran air terjun yang bersumber dari sungai yang berada diatasnya. Karena hal itulah tempat ini dinamakan sebagai Curug Batu Templek.

Fasilitas Batu Templek

Sebagai tempat wisata alam, Curug Batu Templek ini bisa dibilang masih minim fasilitas. Ditempat ini tak terdapat fasilitas apapun kecuali lahan parkir bagi para pengunjung. Namun, disekitar Curug Batu Templek ini terdapat beberapa warung yang menjual beberapa aneka makanan dan minuman ringan.

Tiket Masuk Batu Templek

Pada awalnya, untuk mengunjungi dan melihat keindahan alam di kawasan Curug Batu Templek ini tidak dikenakan biaya tiket masuk, hal itu karena tempat ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah atau pun pemerintah desa. Namun kini, berkat adanya peran yang besar dari sosial media instagram menjadikan tempat ini semakin hits dan booming, yang menyebabkan tempat ini menjadi ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dan karena hal itu, kini tempat ini dikelola oleh warga sekitar. Dan para pengunjung pun sudah mulai dikenakan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/orang, serta tiket parkir kendaraan sebesar 5.000 rupiah/motor.

Lokasi Curug Batu Templek

Secara administratif Curug Batu Templek ini berlokasi di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Batu Templek

Cukup mudah untuk bisa mengunjungi Curug Batu Templek ini, karena letak dari tempat ini berada di kota Bandung. Patokan yang paling mudah untuk bisa tiba ditempat ini adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pasir Impun yang dekat dengan Terminal Cicaheum. Berikut ini adalah rute yang bisa dilalui jika bertolak dari arah barat; Pasteur – Pasopati – Jalan Suci – Terminal Cicaheum – Lapas Sukamiskin – Arcamanik – Jalan Pasir Impun.

Dari Jalan Pasir Impun ini kamu hanya perlu mengikuti jalan sejauh 4 km, kemudian melewati Jalan Cisanggarung. Dan Curug Batu Templek ini berada di bawah Jalan Cisanggarung. Jadi saat tiba, kamu hanya perlu berjalan kaki menuju arah bawah tebing yang terdapat pepohonan bambu dan aliran sungai.

Source Jalan Wisata Ridwandewful
Comments
Loading...